Minggu, 12 Juli 2020 16:35

​Hindari Covid-19, Jarak Jamaah Salat Jumat Direnggangkan Satu Meter di Masjid Al-Akbar

Jumat, 20 Maret 2020 15:09 WIB
Editor: MA
​Hindari Covid-19, Jarak Jamaah Salat Jumat Direnggangkan Satu Meter di Masjid Al-Akbar
Jarak antar jamaah salat Jumat sekitar satu meter ke samping baik ke kanan maupun ke kiri di Masjid Al-Akbar Surabaya, Jumat (20/3/2020). foto: BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berbeda denqan masjid lain di Kota Surabaya yang banyak tutup dan tak menggelar salat Jumat, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tetap buka dan menyelenggarakan salat Jumat hari ini (20/3/2020).  

Namun jamaah salat Jumat di masjid yang terletak di Kecamatan Jambangan Surabaya ini turun drastis gara-gara warga Surabaya mewaspadai penularan virus corona atau covid-19. Pantauan BANGSAONLINE.com, jamaah salat Jumat di masjid yang diresmikan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 10 November 2000 itu, turun sekitar 50 persen lebih. Padahal, biasanya, jamaahnya hampir penuh setiap salat Jumat.

(Jarak antar jamaah salat Jumat satu meter ke samping, baik ke kanan maupun ke kiri, di Masjid Al-Nasional Akbar Surabaya, Jumat (20/30/2020). Foto: BANGSAONLINE.com)  

Para Ta'mir Masjid Al-Akbar juga waspada. Berbeda dengan kondisi normal, praktik salat jamaah Jumat di Masjid Nasional Al-Akbar kali ini juga direngggangkan. Jika dalam kondisi normal para jamaah salat Jumat dianjurkan merapatkan shaf atau barisan sehingga berdempetan antar jamaah atau makmum. Kali ini jarak antar makmum diatur.  Yaitu harus berjarak satu meter ke samping, baik ke kanan maupun ke kiri. Jadi jarak antar jamaah atau makmum  ke kanan satu meter, ke kiri juga satu meter. Otomatis sangat renggang. Ini untuk menghindari penularan virus corona antar jamaah.

Khutbah Jumat juga dipersingkat. Jika dalam kondisi normal khutbah Jumat sampai hampir satu jam, hari ini hanya sekitar 10 menit. Begitu juga imam salat jamaah Jumat. Biasanya, surat yang dibaca panjang. Kali ini sangat pendek.

Tapi sang imam membaca qunut nazilah. Yaitu doa permohonan kepada Allah SWT agar terhindar dari semua wabah penyakit dan keburukan. Usai salat sang imam juga memimpin doa yang intinya memohon keselamtan kepada Allah SWT agar dihindarkan dari semua penyakit, termasuk virus corona.

Dialog untuk memperdalam materi khutbah Jumat yang biasanya digelar sehabis salat jamaah juga ditiadakan. Tapi proses ikrar bershahadat bagi para muallaf yang masuk Islam tetap dilangsungkan. Ada tiga orang yang masuk Islam di Masjid Nasional Al-Akbar hari ini.

Masjid Nasional Al-Akbar juga mengatur ketat para jamaah. Para petugas menyemprot semua tangan jamaah yang mau masuk masjid dengan hand sanitizer. Para petugas juga membagikan masker berwarna orange secara gratis kepada para jamaah. Selain itu para petugas juga memeriksa suhu tubuh mereka dengan thermal gun, yaitu alat deteksi suhu tubuh. Karena itu sempat terjadi antrian panjang di depan pintu masjid.

Helmy M Noer, sekretaris Masjid Nasional Al-Akbar, mengatakan bahwa semua ini dilakukan untuk ikhtiar dhahir, disamping ikhtiar batin. “Pintu masjid yang dibuka hanya tiga,” katanya. Padahal biasanya jika hari Jumat semua pintu dibuka.

Informasi yang dikumpulkan BANGSAONLINE.com, di Surabaya banyak masjid tutup, tidak menggelar salat Jumat. “Aku gak isok Jumatan cak. Tiga masjid yang saya datangi tutup semua,” kata Nauval Abdi, warga Surabaya kepada BANGSAONLINE.com. (m mas’ud adnan)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...