Hari Ini Jembatan Lama Kediri Berulang Tahun ke-151, jadi Jembatan Tertua di Dunia

Hari Ini Jembatan Lama Kediri Berulang Tahun ke-151, jadi Jembatan Tertua di Dunia Jembatan Lama Kota Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada 18 Maret 2020 ini, Jembatan Lama Kota atau Brug Over Den Brantas te berulang tahun ke-151 tahun sejak dioperasikan dan digunakan sebagai jembatan “Groote Postweg” (Jalan Raya) oleh Kolonial Belanda pada tanggal 18 Maret 1869 lalu.

Jembatan ini menggunakan konstruksi besi yang dibangun di atas tiang sekrup yang dipasang di dalam sungai.

“Jembatan di atas Kali Brantas di adalah jembatan besi yang pertama di Jawa, bahkan dunia, dan dianggap sebagai adikarya zamannya oleh seorang insinyur bernama Sytze Westerbaan Muurling. Bahkan lebih tua dari Jembatan Brooklyn, salah satu jembatan suspensi tertua di Amerika Serikat. Selesai dibangun tahun 1883, Jembatan Brooklyn menghubungkan Borough Manhattan dan Brooklyn di New York City melintasi Sungai East,” kata Imam Mubarok, budayawan sekaligus penemu Sejarah Jembatan Lama, Rabu (18/3).

Imam Mubarok mengungkapkan, pemanfaatan Jembatan Lama Kota harus mengacu kepada UU 11/2010 tentang Cagar Budaya dan tidak boleh sembarangan untuk kepentingan pribadi, instansi, partai maupun ormas.

"Semua ada aturannya, tidak boleh memasang atau memanfaatkan seluruh bangunan jembatan dengan hal-hal lain baik tulisan, bendera partai, ormas, maupun menambah ornamen yang ada hingga merubah bentuk jembatan,” tambah Gus Barok, panggilan akrab Imam Mubarok.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO