Cegah Penyebaran Covid-19, Dinas Pertanian Pacitan Tutup Taman Teknologi Pertanian

Cegah Penyebaran Covid-19, Dinas Pertanian Pacitan Tutup Taman Teknologi Pertanian Kepala Dinas Pertanian Pacitan, Bambang Supriyoko.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Untuk meminimalisir risiko virus corona, Dinas Pertanian menutup kawasan Taman Teknologi Pertanian yang berlokasi di Kecamatan Pringkuku. Kawasan tersebut untuk sementara waktu disterilkan dari kunjungan wisatawan, terutama dari wilayah Barat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten , Bambang Supriyoko. "Kapan itu kita memang pernah kedatangan tamu dari salah satu SMAN di Klaten. Saat ini Taman Teknologi Pertanian kami tutup dari kunjungan wisatawan," tegas Bambang.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga menyampaikan kalau coronavirus disease 2019 (covid-19) tak bisa menular dari manusia ke hewan, ataupun sebaliknya. Meski begitu, dinas yang dipimpinnya selalu mengikuti perkembangan yang disampaikan pemerintah pusat ataupun provinsi.

"Memang awalnya, coronavirus itu dikabarkan tersebar melalui kelelawar yang dimakan manusia. Namun setelah kami lakukan kajian dengan staf yang berbasiskan dokter hewan, ternyata kecil kemungkinan virus tersebut menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya," kata Bambang, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Ahad (15/3).

Bambang meminta agar masyarakat tidak terlalu panik. Apalagi punya anggapan kalau covid-19 bisa menular dari hewan. "Kami hampir bisa memastikan, kalau hewan bukan lah sebagai media penularan coronavirus," tegasnya.

Terpisah, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten , Agus Sumarno mengatakan masih akan melakukan koordinasi lebih lanjut terkait kemungkinan penyebaran covid-19 melalui hewan.

"Insyaallah Senin besok kita akan koordinasikan lebih lanjut dengan kepala dinas dan staf yang lain," tuturnya. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO