Partai Gelora Jatim Bentuk Kader Berkualitas Lewat AMI

Partai Gelora Jatim Bentuk Kader Berkualitas Lewat AMI Sebanyak 278 kader Partai Gelora dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur mengikuti Akademi Manusia Indonesia (AMI). foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Jawa Timur bertekad membentuk kader yang berkualitas dan mumpuni. Untuk itu, partai besutan Anis Matta dan Fahri Hamzah itu menyelenggarakan Akademi Manusia Indonesia (AMI), Sabtu (14/3).

AMI menjadi ajang pendidikan bagi para kader . Sebanyak 278 kader dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur mengikuti acara ini. Menurut Ketua DPW Jatim, M. Siroj, Jatim menjadi pilot project pola pengkaderan yang menjadi kegiatan nasional ini.

"Usai menyelesaikan proses pembentukan pengurus, tugas kami berikutnya adalah pendidikan kader. Pola kaderisasi di partai kami adalah melalui AMI," kata Siroj.

Siroj mengungkapkan bahwa AMI berbeda dengan pola pengaderan yang biasanya ada di partai lain. Sebab, kaderisasi ini untuk mengedepankan kualitas berpartai.

"Kami launching pengaderan partai gelora. Ini berbeda dengan yang sebelumnya. Dari namanya, sudah Indonesia banget dan sifatnya wajib untuk seluruh kader," ujar Anggota DPRD Jatim periode 2014-2019 itu.

Sementara itu, Sekretaris DPW Jatim, Misbakhul Munir menjelaskan nantinya, setiap kader diwajibkan dalam tiga tahap kaderisasi di AMI. Tahap pertama adalah Organization Development (pengembangan organisasi).

"Untuk level pertama, AMI akan membentuk kader yang berorganisasi profesional. Mereka disiapkan untuk mengelola partai, menjadi pengurus, dan pemimpin partai," imbuh Misbach.

Selesai di Organization Development, para kader akan menghadapi pelatihan berikutnya yang berbasis pada Sosial Development. Para kader akan dilatih untuk merekayasa sosial atau social engineering.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO