Usai Serahkan Proposal Pemekaran Desa Tulungrejo, Pokja Minta Audiensi dengan Dewan

Usai Serahkan Proposal Pemekaran Desa Tulungrejo, Pokja Minta Audiensi dengan Dewan Pokja pemekaran Desa Tulungrejo saat menyerahkan proposal di Kantor Kecamatan Bumiaji, Jumat (13/3).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Perjuangan warga Dusun Junggo dan Wonorejo untuk membentuk desa sendiri tak patah arang. Jum’at (13/3) siang, perwakilan Kelompok Kerja (Pokja) pemekaran Desa Tulungrejo telah menyerahkan proposal pemekaran Desa Tulungrejo kepada Wali , Wakil Wali , Sekretaris Daerah, Camat Bumiaji, Kepala Desa Tulungrejo, dan Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Tulungrejo.

"Ya, hari ini kami telah mencetak proposal sebanyak 6 bendel yang akan diserahkan kepada Wali , Wakil Wali , Sekretaris Daerah, Camat Bumiaji, Kepala Desa Tulungrejo, dan Ketua BPD Tulungrejo," ujar Arif Erwinadi, salah seorang anggota Pokja pemekaran Desa Tulungrejo kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (13/3).

Ia menjelaskan, isi proposal pemekaran Desa Tulungrejo itu antara lain menyangkut latar belakang, tujuan, dan dasar hukum pemekaran Desa Tulungrejo. Selain itu, juga tentang semua proses pelaksanaan yang telah dilakukan Pokja untuk mewujudkan pemekaran Desa Tulungrejo. Antara lain proses rapat-rapat pokja internal dan eksternal, baik dengan pemerintahan desa, baik BPD dan kepala desa maupun dengan Pemerintah .

"Kami cantumkan pula proses referendum atau jajak pendapat warga Dusun Junggo dan Dusun Wonorejo, penetapan dan penegasan batas desa sesuai Permendagri No 45 tahun 2016 dengan tim dibentuk oleh wali kota. Data dan foto dokumentasi inventarisasi aset tanah kas maupun tanah hibah dari warga yang diperuntukkan untuk fasilitas umum di Dusun Junggo dan Dusun Wonorejo," jelas Arif.

Setelah menyerahkan proposal pemekaran Desa Tulungrejo, perwakilan Pokja akan langsung ke gedung DPRD Batu guna melayangkan surat permohonan audiensi dengan pimpinan dewan.

Seperti diberitakan, warga Desa Tulungrejo meminta pemekaran desa karena menilai wilayahnya terlalu luas. Luas wilayah Desa Tulungrejo 80,701 km2 dengan jumlah penduduk 9.930 jiwa. Desa Tulungrejo memiliki 5 dusun, yakni Dusun Kekep, Gondang, Gerdu, Junggo, dan Wonorejo. Jumlah penduduk Desa Tulungrejo terbanyak kedua di wilayah Kecamatan Bumiaji setelah Desa Giripurno yang mencapai 11.063 jiwa. Berdasarkan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa disebutkan, salah satu syarat bisa dilakukan pemekaran desa jika jumlah penduduknya minimal 6.000 jiwa. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO