Rabu, 16 Juni 2021 05:05

KRI dr Soeharso Lakukan Sterilisasi Usai Evakuasi Kru 2 Kapal Pesiar

Jumat, 06 Maret 2020 19:07 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
KRI dr Soeharso Lakukan Sterilisasi Usai Evakuasi Kru 2 Kapal Pesiar
KRI dr Soeharso sedang melakukan sterilisasi usai mengevakuasi kru dari 2 kapal pesiar sekaligus.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah sukses melaksanakan evakuasi kru kapal World Dream dan Diamond Princess, KRI dr. Soeharso (SHS-990) mulai berbenah diri, Jum'at (6/3).

Kegiatan yang melibatkan seluruh personel KRI dan satgas ini adalah untuk menata kembali dan mensterilisasi ruangan-ruangan yang telah dipakai untuk evakuasi.

Kadiskes Koarmada II Kolonel Laut (K) dr. I Ketut Tirka Nandaka, Sp.KJ(K)., M.M., yang juga merupakan wadan pada satgas ini mengatakan jika pelaksanaan dekontaminasi dan penataan seluruh ruangan mulai dilaksanakan hari Jumat ini.

"Dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruangan dan penyinaran dengan Ultra Violet Light Treatment, maka proses dekontaminasi akan lebih sempurna sehingga virus dengan identitas Covid-19 tersebut akan mati," ungkap perwira menengah dengan tiga melati di pundak ini.

BACA JUGA : 

Ini Perbedaan Virus Flu, Flu Burung, dan Covid! Perlu Vaksin Antibodi dan Proteksi Bodi

Koarmada II Pelajari Pengaruh Lingkungan Perang Anti Kapal Selam, Ini Tujuannya

​Menggelegar, Dentuman Meriam KRI Hasan Basri Pecahkan Kesunyian Laut Jawa

Pangkoarmada II Ajak Kapolda Jatim Keliling KRI Bima Suci, Kapal Layar Kebanggaan Bangsa

Dokter Tirka, sapaan akrab kadiskes Koarmada II menambahkan, virus corona maupun influenza secara umum merupakan mikroorganisme parasit yang tidak dapat berproduksi di luar sel inang. Virus baru bisa bereplikasi memperbanyak diri kalau masuk ke dalam sel hidup.

“Sehingga saat virus corona berada di ruang terbuka dan belum menjangkiti inang sel, virus dapat dilumpuhkan. Salah satunya dengan melalui pemanasan pada suhu sekitar 56 derajat celcius selama 30 menit. Juga dapat dilumpuhkan dengan alkohol pada kadar tertentu serta cairan disinfektan yang mengandung chlorine, hydrogen peroxide disinfectant, chloroform dan pelarut lipid," tandasnya.

Dokter yang pandai meniup saksophone ini juga menjelaskan jika penggunaan alkohol sebanyak 75 persen dapat digunakan di kulit untuk sterilisasi. Apabila dipanaskan selama 20 menit setelah mendidih, juga dapat diaplikasikan pada peralatan atau pakaian yang digunakan di daerah tempat virus tersebut berpotensi mewabah.

“Sterilisasi alat yang memerlukan perendaman dipanaskan hingga 100 derajat celcius dapat dilakukan untuk peralatan kecil, dan lain-lain. Selain itu, sinar ultraviolet alamiah, seperti sinar matahari dan udara bersih yang mengalami pertukaran melalui ventilasi ruangan, juga efekstif untuk membersihkan virus termasuk virus corona," terang dr. Tirka. (dev/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...