Suhu Surabaya Turun 2 Derajat Celsius, Kepala BMKG: Fenomenal dan Langka di Belahan Bumi mana pun!

Suhu Surabaya Turun 2 Derajat Celsius, Kepala BMKG: Fenomenal dan Langka di Belahan Bumi mana pun! Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dan jajaran kepala stasiun BMKG Jawa Timur saat berkunjung ke rumah dinas Wali Kota Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Tri Rismaharini beserta jajarannya menerima kunjungan kerja jajaran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () pusat di rumah dinasnya, Senin (24/2). Hadir pada kunjungan itu, Kepala Dwikorita Karnawati dan jajaran kepala stasiun Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma menyampaikan bahwa suhu di Kota mengalami penurunan hingga dua derajat Celsius. Pada saat awal-awal menjabat Wali Kota , suhu di di kisaran 30-31 derajat celcius. Namun, banyaknya pembangunan ruang terbuka hijau, lambat laun suhunya semakin turun hingga 28-29 derajat celcius.

"RTH ini terus ditambah, sampai suatu saat nanti, suhu bisa mencapai 22 derajat celcius," kata Wali Kota Risma

Presiden UCLG ASPAC ini juga mengakui akan terus menambah ruang terbuka hijau di hingga mencapai 30 persen RTH untuk publik. Bagi dia, target itu sangat realistis mengingat Pemerintah Kota (Pemkot) terus memanfaatkan lahan-lahan kosong dan sempadan sungai untuk dijadikan taman.

"Target kami memang 30 persen luas wilayah terdiri dari RTH untuk publik, supaya terus turun suhunya," tegas dia.

Berdasarkan data hingga tahun 2018, luas RTH di 7.290,53 hektare atau sama dengan 21,79 persen dari luas wilayah Kota . Total tersebut terdiri dari luas RTH Makam sudah mencapai 283,53 hektare, RTH lapangan dan stadion 355,91 hektare, RTH telaga atau waduk atau bozem 192,06 hektare, RTH dari fasum dan fasos permukiman 205,50 hektare, RTH kawasan lindung 4.548,59 hektare, RTH hutan kota 55,81 hektare, RTH taman dan jalur hijau (JH) 1.649,10 hektare.

"Jumlah ini semakin banyak di tahun 2019 hingga saat ini, karena kami terus mengembangkan ruang terbuka hijau itu,” tegasnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO