Komisi C Apresiasi Gagasan Wali Kota Batu Soal Angkutan Pelajar

Komisi C Apresiasi Gagasan Wali Kota Batu Soal Angkutan Pelajar Didik Machmud, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Rencana memberikan fasilitas angkutan bagi pelajar SMP di Kota Batu mendapat dukungan penuh Komisi C DPRD Kota Batu. Komisi yang ikut membidangi pendidikan itu meminta , dalam hal ini dinas terkait, segera menindaklanjuti rencana tersebut.

"Kami dukung penuh pengadaan fasilitas angkutan bagi pelajar SMP ini. Apalagi pemerintah daerah akan memberdayakan angkutan kota yang sudah ada. Sebab, kita ketahui bersama, penghasilan sopir angkot selama ini sebagian besar dari anak-anak sekolah," ujar Didik Machmud, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Kamis (13/2).

Disinggung tentang perlunya peremajaan angkot di Kota Batu yang rata-rata sudah ‘tua’, politikus Partai Golkar ini menilai perlu dilakukan kajian tersendiri. Jika peremajaannya diserahkan ke , apakah anggarannya mencukupi atau tidak. Sebaliknya, jika peremajaan angkot diserahkan kepada masing-masing pemilik angkot, apakah mereka mampu.

"Menurut saya, sebaiknya kebijakan ini jalan dulu. Jika dalam pelaksanaannya nanti ada kendala, bisa sebagai dasar untuk evaluasi perlu tidaknya peremajaan," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Sudiono, anggota Komisi C lainnya. Menurutnya, kebijakan Wali Kota Batu ini luar biasa dan harus diapresiasi semua pihak, terutama yang berkecimpung di dunia pendidikan. Di samping mengurangi angka kecelakaan dan masalah kemacetan, kebijakan ini juga meningkatkan penghasilan sopir angkutan kota di Kota Batu.

"Selain demi anak-anak yang merupakan aset bangsa, kebijakan ini juga memberikan keuntungan bagi para sopir angkot di Kota Batu. Kita tahu, sejak adanya sarana transportasi yang serba online, pemasukan dari sopir mikrolet berkurang. Sehingga yang diandalkan setiap harinya adalah dari angkutan anak sekolah," ujar Sudiono.

Ia berharap instansi terkait seperti Bappelitbangsa, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, termasuk pihak kepolisian, segera duduk bersama dengan pihak DPC Organda Kota Batu. Sebab, untuk merealisasikan kebijakan ini perlu kajian yang komprehensif.

Seperti diberitakan, Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko mewacanakan pemberian fasilitas angkutan sekolah bagi siswa SMP di Kota Batu. Rencananya, fasilitas angkutan antar jemput pelajar SMP itu akan diterapkan tahun ini.

Suwaji, sopir mikrolet jurusan Batu-Selekta menyambut baik rencana pengadaan fasilitas angkutan pelajar itu. Namun, ia berharap dalam waktu dekat diajak musyawarah terkait teknis pelaksanaannya di lapangan. "Saya sangat mendukung mas. Sejauh hal itu tidak mengurangi pendapatan kami," ujarnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO