Mudahkan Akses Perekonomian Warga, Jalan Tembus Toyomerto-Jalibar Segera Dibangun

Mudahkan Akses Perekonomian Warga, Jalan Tembus Toyomerto-Jalibar Segera Dibangun Wali Kota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Harapan masyarakat Dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu mempunyai jalan tembus ke arah Jalan Lingkar Barat (Jalibar) di Desa Oro-oro Ombo, akan segera terwujud.

Wali Kota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si telah menegaskan bahwa jalan tembus sepanjang 3,5 kilometer tersebut akan dibangun sebagai jalur alternatif.

"Selain jalan tembus Desa Sumberejo menuju ke jalan Lesti, Kelurahan Ngaglik, dan jalan Metro, Kelurahan Sisir, nantinya juga akan dibangun jalan tembus dari Toyomerto ke Jalibar. Jalan ini nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai jalur alternatif, termasuk jalur distribusi hasil pertanian ke pasar besar Batu maupun ke Malang," ujar Dewanti Rumpoko di sela acara pelantikan BPC PHRI Kota Batu, belum lama ini.

Namun, Dewanti tidak menjelaskan kapan proyek jalan tembus itu akan dibangun. Menurutnya, saat ini instansi terkait masih melakukan proses kajian dengan harapan kelak di kemudian hari tidak menimbulkan persoalan.

Dikonfirmasi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Nurochman, S.H. mengatakan, proyek jalan tembus Toyomerto ke Jalibar bisa menjadi jalur alternatif bagi warga yang hendak ke arah Kota Batu maupun ke Malang. Selain itu, kata dia, dengan adanya jalan tembus ini bisa mempercepat akses pengiriman hasil pertanian warga.

"Semoga proyek ini dikerjakan sesuai dengan perencanaan, tepat waktu yang disertai pengawasan yang ketat sehingga kualitas jalannya baik," harap Nurochman yang juga Ketua DPC PKB Kota Batu ini.

Sementara itu, Didik Machmud, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Batu mengatakan, proyek jalan tembus Toyomerto-Jalibar tersebut sudah dianggarkan di APBD 2020. Sedangkan leading sector-nya yaitu Dinas PUPR. Jalan tembus ini nantinya bisa sebagai jalur alternatif sehingga memudahkan akses perekonomian warga dari desa ke kota.

"Saya berharap kepada dinas terkait agar segera mengeksekusi proyek ini. Apalagi Kota Batu membutuhkan jalur alternatif sehingga ekonomi masyarakat bisa meningkat," ujar Didik Machmud yang juga politikus Partai Golkar ini. (asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO