Jumat, 05 Juni 2020 17:22

​Komisi B Dorong Pemkot Optimalkan Aset Daerah

Jumat, 07 Februari 2020 21:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
​Komisi B Dorong Pemkot Optimalkan Aset Daerah
Rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar Komisi B membahas nasib Pasar Besar Malang dan Alun-Alun Mall Ramayana, Jumat (07/02). foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Komisi B DPRD Kota Malang dipimpin Wakil Ketua Komisi B Rahman Nurmala, menggelar rapat dengar pemdapat (RDP) dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) di ruang rapat komisi, Jumat (07/02).

RDP tersebut fokus ke pembahasan keberlangsungan Pasar Besar Malang, Matahari, serta Alun-alun Mall Malang pasca kebakaran tahun 2018 lalu. RDP ini sekaligus menindaklanjuti habisnya masa kerja sama dengan PT Sadean.

Dalam RDP itu, Rahman Nurmala mendorong Pemkot Malang dalam hal ini Diskoperindag, untuk melakukan percepatan pemanfaatan aset daerah demi kepentingan pelayanan publik.

Berdasarkan hasil hearing, Pasar Besar Malang (PBM) akan segera dilakukan pembenahan ke depannya. "Akan tetapi, pembenahannya seperti apa, kita masih menunggu hasil uji laboratorium dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk disampaikan pemaparannya minggu depan," kata Nurmala.

Termasuk dengan pembenahan Alun-alun Mall Malang di Jalan Merdeka. "Kami juga mendorong Pemkot segera memaksimalkan pemanfaatannya pasca habisnya masa kerja sana dengan PT. Sadean," tandasnya.

Ia meminta Diskoperindag memaparkan konsep pemanfaatan Alun-alun Mall, akan dikelola sendiri atau diserahkan ke pihak ketiga. "Kami berharap, baik konsep atau pengelolaannya, di bulan Februari segara ada kejelasan dan keputusannya," tegasnya.

Menurutnya, langkah dewan mendorong pemkot untuk segera menyikapi keberlangsungan dua aset tersebut merupakan bagian dari pengawasan dan kepedulian DPRD meningkatkan perekonomian di Kota Malang lebih optimal.

Menanggapi permintaan dewan, Kepala Diskoperindag Kota Malang Wahyu Setianto menerangkan minggu depan pihaknya akan menghadirkan pihak ITS. "Hasil uji lab akan dipaparkan ke Pemkot, termasuk kita hadirkan pihak DPRD. Seperti apa ke depannya, pembangunan PBM, direvitalisasi apa cukup direkondisi, tergantung hasil uji lab dari ITS," terang Wahyu.

"Mengenai Alun-Alun Mall Ramayana, Pemkot akan mengonsep ada dua kegiatan di sana. Untuk lantai satu diperuntukkan tenant, lantai kedua untuk Mall Ramayana, terakhir, di lantai tiga dimanfaatkan sebagai pelayanan publik. Perikatan kerja sama nantinya dilekatkan langsung Pemkot Malang, dari penyewa aset tersebut. Mengenai harga sewa aset atau tempat, masih dilakukan penghitungan oleh KPKNL," bebernya. (iwa/thu)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...