Rabu, 01 April 2020 08:15

KPU Gresik Gelar Lomba Cipta Maskot Pilkada, Muncul Usulan Gajah Mungkur

Selasa, 04 Februari 2020 14:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
KPU Gresik Gelar Lomba Cipta Maskot Pilkada, Muncul Usulan Gajah Mungkur
Suasana FGD lomba cipta maskot dan jingle. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAOLINE.com - KPU Gresik menggelar Focus Group Discussion (FGD) lomba cipta maskot dan jingle untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Gresik tahun 2020 di Hotel Aston Inn, Selasa (4/2).

FGD yang dipandu oleh Nur Faqih itu menghadirkan sejumlah tokoh budayawan, seniman, insan pers, tokoh masyarakat (tomas), dan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik.

Dari para tamu yang hadir, muncul usulan agar maskot yang akan dibuat KPU Gresik untuk menyemarakkan pesta demokrasi Pilbup Gresik, bisa berupa hewan atau tumbuhan yang mencerminkan sejarah Gresik dan kearifan lokal.

"Misalnya sekarang yang sedang booming dan viral, Gajah Mungkur. Atau, bentuk hewan lain yang ada nilai sejarah bagi Kabupaten Gresik, misalnya Naga, atau Katak yang berada di Gapura Syekh Maulana Malik Ibrahim, Kebo Emas, dan lainnya," usul Budayawan Kris Aji AW yang juga Ketua Yayasan Mataseger.

Semantara Biron, perwakilan dari Disparbud Gresik menyarankan pembuatan maskot berbentuk binatang sehingga memiliki daya tarik di masyarakat. "Misalnya, saat ini yang lagi trend Gajah Mungkur. Tak masalah dibuat maskot. Hal ini juga yang kerap dilakukan dalam event olahraga seperti Asian Games dan lainnya. Jadi, buat maskot yang bisa membuat masyarakat tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam Pilkada. Syukur-syukur maskot itu juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk dijual sehingga makin memasyarakat," tuturnya.

Sementara untuk jingle, Biron menyatakan agar membuat jingle yang simpel, namun mudah dinyanyikan dan digemari hingga anak-anak. "Sehingga, jingle KPU Gresik untuk Pilbup tak hanya bisa dinyanyikan dan dinikmati semua kalangan hingga anak-anak, sehingga jingle KPU bisa booming," terangnya.

Sementara Ketua KPU Gresik Ahmad Roni berharap, FGD dengan peserta dari berbagai latar belakang ini bisa jadi bahan masukan untuk lomba maskot dan jingle yang digelar pihaknya menyongsong Pilkada 2020. "Sampai hari ini, Gresik dibanding dengan kabupaten/kota lain belum punya maskot dan jingle, meski tak wajib," katanya.

Menurut Roni, pembuatan maskot dan jingle terlambat karena belum ada pencairan dana hibah dari Pemda. "Hal ini selalu menjadi alsan klasik di seluruh Indonesia. Jadi, bukan hanya Gresik," ungkapnya.

Roni secara tak langsung setuju jika maskot Pilkada nantinya berupa hewan atau tumbuhan, maupun hal lain yang mencerminkan ciri khas Gresik.

"Di Gresik banyak kekhasan. Barangkali Gajah Mungkur, Perahu Nyi Ageng Pinatih, Katak di gapura Syekh Maulana Malik Ibrahim dan lainnya yang menarik, " katanya.

Sementara untuk pembuatan jingle, Roni menyatakan kemungkinan tak dilombakan oleh KPU. "Nanti minta ke yang bisa membuat jingle, " pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...