Bupati Kediri Resmikan Kantor Desa Putih

Bupati Kediri Resmikan Kantor Desa Putih Suasana peresmian kantor Desa Putih. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Kamis (30/1/2020), meresmikan Kantor Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, yang baru selesai dibangun. Kantor Desa Putih yang baru ini sebagai ganti Kantor Desa Putih yang lama.

Dengan pindah ke Kantor Desa yang baru, bukan berarti Kantor Desa Putih yang lama tidak digunakan. Malah Kantor Desa yang lama akan dimanfaatkan menjadi pusat kuliner dan UMKM, mengingat Kantor Desa berdekatan dengan makam Syech Ihsan Muhamad Dahlan al-Jampesi.

"Kebetulan Kantor Desa Putih yang lama itu dekat dengan makam Mbah Ihsan. Setiap hari selalu didatangi masyarakat untuk berziaroh. Karena Kantor Desa sudah pindah, maka bekas kantor desa ini akan dimanfaatkan sebagai pusat kuliner dan UMKM," kata Kades Putih, Moh. Bashori, S.Sos, Kamis (30/1/2020).

Menurut Moh. Basori, selain mengembangkan kegiatan UMKM dan wisata religi, Desa Putih selama ini juga sudah mengembangkan program mina padi, yaitu tanaman padi yang juga digunakan memelihara ikan. "Karena program mina padi itulah, desa kami pada tahun 2019 pernah mendapatkan Desa Award dari Pemkab Kediri"tambah Basori.

Sementara itu, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno usai peresmikan Kantor Desa Putih, kepada wartawan mengatakan bahwa Kantor Desa Putih yang baru ini dibangun menggunakan dana desa dan bantuan dari salah satu anggota DPRD Jatim, Subiyanto.

"Kantor desa yang lama akan dimanfaatkan sebagai pusat kuliner dan UMKM, mengingat kantor desa lama itu dekat Makam Kyai Ihsan, yang menjadi tujuan wisata religi," kata Bupati.

Menurut Bupati Haryanti, bekas kantor desa bisa digunakan berjualan souvenir dan makanan sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

"Banyak orang berkunjung ke makam Kyai Ihsan untuk berziarah, orang pasti butuh makan dan oleh-oleh. Karena sudah disediakan oleh warga sendiri, maka orang yang datang akan senang," tambah Bupati Haryanti.

Hadir dalam acara peresmian Kantor Desa Putih antara lain Subiyanto anggota DPRD Jatim, Ketua Muslimat NU Kabupaten Kediri Hj. Mudawamah, dan anggota Muspika Kecamatan Gampengrejo. (uji/adv/kominfo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO