Antisipasi Virus Corona, Pemkot Kediri Imbau Warga Tak Panik

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Kediri Imbau Warga Tak Panik dr. Fauzan, Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri saat memberi penjelasan kepada wartawan, di Ruang Kilisuci, Pemkot Kediri, Rabu (29/1). foto: MUJI/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Virus Corona dinyatakan belum merambah Kota Kediri. Namun demikian, Pemkot Kediri sudah mengantisipasinya. 

Bahkan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur telah menunjuk RSUD Gambiran Kota Kediri sebagai RS rujukan untuk penanganan pasien Suspect Corona Virus, bila virus mematikan itu benar-benar masuk Kota Kediri. 

"Namun diharapkan virus corona itu tidak masuk Kota Kediri," ucap dr. Fauzan Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri, Rabu (29/1) di Ruang Kilisuci Pemkot Kediri.

Menurut dr. Fauzan, pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme. Seperti bakteri, virus, parasit, jamur, pajanan bahan kimia, atau kerusakan fisik paru. 

"Pneumonia dapat menyerang siapa saja seperti anak-anak, remaja, dewasa muda, dan lanjut usia, namun lebih banyak pada balita dan lanjut usia. Angka kejadian pneumonia lebih sering terjadi di negara berkembang," jelasnya.

Saat ini, lanjut dr. Fauzan, sedang terjadi kasus pneumonia berat yang bermula dari adanya laporan awal kasus di Kota Wuhan, China pada tanggal 31 Desember 2019. Pada tanggal 3 Januari 2020 dilaporkan 44 kasus dengan penyebab masih belum diketahui. 

Baru pada tanggal 12 Januari 2020 Negara China mengumumkan adanya jenis corona virus tipe baru yang dikenal sebagai Novel Coronavirus (2019-nCov) dan berhasil diisolasi pada 7 Januari 2020. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO