Pemkab Madiun Jalin Kerja Sama dengan Kemenakertrans, Berdayakan Calon Pekerja Migran

Pemkab Madiun Jalin Kerja Sama dengan Kemenakertrans, Berdayakan Calon Pekerja Migran Bupati Ahmad Dawami saat menerima kunjungan dari Kementerian Tenaga Kerja RI.

MADIUN BANGSAONLINE.com - Deputi Bidang Perlindungan Kementerian Tenaga Kerja RI Dr. Anjar Prihantoro BW, SE, MA bersama tim mengunjungi Pemerintah Kabupaten Madiun.

Hal ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dalam bentuk pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan pengangguran dan memberikan pelindungan dini serta perlindungan diri kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), di Indonesia khususnya di Kabupaten Madiun.

Deputi Pelindungan ditemui secara langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama Staf Ahli, Kadin Tenaga Kerja dan Kadin Perdagangan dan Industri di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kamis (23/1).

Banyaknya jumlah masyarakat Madiun yang bekerja ke luar negeri, membuat Kementerian Tenaga Kerja RI tertarik untuk mengajak Pemerintah Kabupaten Madiun bekerja sama yakni memberikan pelatihan kepada calon pekerja migran dan kepada keluarga para Pekerja Migran Indonesia.

Tujuannya untuk mendapatkan keterampilan, sehingga untuk calon pekerja migran asal Indonesia ini nantinya apabila bekerja di luar negeri tidak hanya sebagai Pekerja Rumah Tangga (PRT). Namun dapatnya bekerja di bidang teknis dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri.

"Begitu juga kepada keluarga Pekerja Mirgran agar mendapatkan keterampilan dengan cara diberikan pelatihan keterampilan, sehingga nantinya uang yang dikirim oleh para Pekerja Migran kepada keluarganya yang ada di tanah air dapat dijadikan investasi sehingga dapat hidup berkelanjutan,” kata Anjar Prihantoro.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO