Antisipasi Bencana, Polres Ponorogo Gelar Simulasi Tanggap Bencana di Desa Biting

Antisipasi Bencana, Polres Ponorogo Gelar Simulasi Tanggap Bencana di Desa Biting Anggota Polres Ponorogo beserta relawan saat menggelar simulasi tanggap bencana di Desa Biting.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - menggelar simulasi tanggap bencana di Pasar Wisata Desa Biting, Badegan, Selasa (14/1). Selain diikuti oleh kepolisian, simulasi tersebut juga diikuti oleh TNI, BPBD Ponorogo, dan para relawan Desa Biting.

Kapolres Ponorogo Arief Fitrianto mengatakan, apel dan simulasi tanggap bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana, seperti banjir, tanah longsor. Sehingga, warga dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Apalagi, bulan-bulan ini tensi hujan cukup tinggi dan cuaca tak menentu .

Kapolres berharap, anggota yang tergabung dalam Ton Siaga bisa tanggap dalam menyiapkan peralatan yang dibutuhkan saat terjadi bencana alam, serta berkoordinasi dengan BPBD Ponorogo dan kades desa yang terdampak.

Terpisah, Kades Biting yang akrab dipanggil Bambang mengatakan digelarnya simulasi dan sosialisasi tanggap bencana tersebut dapat membantu memberikan pemahaman dalam menghadapi bencana, utamanya langkah apa yang harus dilakukan.

"Diharapkan Destana yang ada di Desa Biting dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan sosialisasi kepada RW/RT dan keluarga, namun tetap memperhatikan kearifan lokal. Dengan demikian, perlu siap siaga terhadap segala risiko bencana yang ada," ujarnya.

"Poinnya, masyarakat harus sadar potensi bencana yang ada, memahami dan mampu melakukan upaya pencegahan, dan masyarakat menjadi tangguh serta mampu dalam menyelamatkan diri dari bencana," pungkasnya. (nov/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO