Senin, 17 Februari 2020 22:28

Deklarasi, Gerindra dan Demokrat Gresik Sepakat Usung Alif Sebagai Bacabup

Sabtu, 11 Januari 2020 15:20 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Deklarasi, Gerindra dan Demokrat Gresik Sepakat Usung Alif Sebagai Bacabup
Alif dan Eddy didampingi sejumlah pengurus menunjukan nota kesepahaman koalisi. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gerindra dan Demokrat menggelar deklarasi koalisi untuk menyambut Pilbup Gresik 2020. Koalisi yang diberi nama Gresik Maju itu diresmikan di Rumah Makan Joyo Hartono, Sabtu (11/1).

Dalam deklarasi ini, koalisi sepakat untuk mengusung Ketua DPC Gerindra Gresik Asluchul Alif sebagai bakal calon bupati (bacabup) Gresik 2020. Sementara untuk bacawabupnya, koalisi sepakat menyerahkannya kepada Alif untuk memilih.

Sementara Ketua Partai Demokrat (PD) Gresik Eddy Santoso menyatakan, koalisi dengan Gerindra  akan terus berlanjut hingga ke KPU untuk pendaftaran. "Sebab sudah memenuhi persyaratan. Di mana syarat parpol pengusung harus memenuhi kuota 20 persen atau 10 kursi di DPRD. Sementara Gerindra 8 kursi dan PD 4 kursi jadi 12 kursi," jelas Ketua Fraksi Demokrat DPRD Gresik ini.

"Untuk bacawabup saya serahkan ke Mas Alif. Siapa pun bacawabupnya terserah Mas Alif," terangnya.

Eddy yakin, Asluchul Alif bisa memenangkan Pilbup Gresik 2020. "Mas Alif akan gantikan Pak Sambari. Gresik harus ada perubahan di pemerintahan," pungkasnya.

Sementara Asluchul Alif mengungkapkan sejumlah pertimbangan yang membuat Gerindra memilih koalisi dengan Demokrat. Di antaranya, karena Partai Demokrat tak memaksakan jatah bacawabup. "Dan semua diniati untuk kemaslahatan ummat. Kami juga sepakat kalau ada yang terbukti korupsi akan potong leher," katanya.

Alif mengatakan koalisi ini sudah mendapatkan restu dari DPD Gerindra Jawa Timur dan sudah dikomunikasikan dengan DPP.

"Dalam koalisi ini, Gerindra dan PD membuka peluang lebar untuk parpol lain bergabung. Kita sudah membangun komunikasi politik dengan tiga parpol yang diikuti penjaringan yakni PDIP, Golkar, dan PPP sebelum deklarasi. Kami sudah ajak gabung, tapi belum ada respons," pungkasnya. 

Ada 7 nota kesepahaman yang disepakati dalam koalisi Gerindra dan Demokrat untuk kontestasi Pilbup Gresik 2020 ini.

Pertama, koalisi dalam hal ini dilaksanakan oleh Gerindra dan Demokrat. Kedua, koalisi dilaksanakan pada Pemilukada Gresik tahun 2020. Ketiga, koalisi terdiri dari dua parpol yakni Gerindra dan Partai Demokrat. Keempat, tugas dan tanggungjawab parpol tergabung dalam koalisi selanjutnya dirumuskan secara bersama sama dengan persetujuan setelah masing-masing koalisi yang tergabung partai di̇laksanakan rapat bersama dengan melibatkan pimpinan partai dan disampaikan kepada perwakilan partai koalisi yang ditunjuk sebagai LO (loisson officer) untuk ditindaklanjuti.

Selanjutnya, poin kelima, struktur keanggotaan partai koalisi dilegalisasi oleh partai dan disampaikan kepada publik sebagai informasi. Keenam, kegiatan-kegiatan yang dirumuskan dan dilaksanakan oleh koalisi maju selanjutnya dilaporkan sebagai pertanggunggjawaban kepada masing-masing. Ketujuh seluruh merupakan yang timbul dalam kegiatan anggaran dilaporkan pelaksanaan dan tanggungjawab partai koalisi dan pertanggunggjawabanya kepada partai. (hud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...