Rabu, 01 April 2020 15:10

Kompak Gresik Rencanakan Demo, Desak Bupati Nonaktifkan Sekda

Kamis, 09 Januari 2020 17:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Kompak Gresik Rencanakan Demo, Desak Bupati Nonaktifkan Sekda
Para LSM dan komunitas saat rapat koordinasi menyikapi kasus korupsi di BPPKAD. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan komunitas di Kabupaten Gresik yang tergabung dalam "Kompak Gresik" melakukan rapat koordinasi di markas LSM Masyarakat Gresik Peduli Kemanusiaan (MGPK) di Jalan Kebungson Kecamatan Gresik, Rabu (8/1) malam.

Ketua MGPK Abdul Wahab mengatakan, rapat koordinasi ini digelar untuk menyamakan persepsi dan menghimpun kekuatan untuk mengawal kasus korupsi yang merugikan masyarakat Gresik, seperti kasus korupsi di BPPKAD. 

"Kasus korupsi menjadi keresahan masyarakat Gresik. Hal ini juga dirasakan oleh kawan-kawan LSM se-Kabupaten Gresik. Untuk itu, kasus korupsi menjadi musuh bersama dan menjadi tanggungjawab untuk mengawal bersama," katanya.

Abdul Wahab menambahkan, dalam rapat koordinasi disepakati bahwa Kompak Gresik akan menggelar demo di DPRD Gresik pada 14 Januari mendatang, mendesak agar DPRD meminta Bupati Sambari Halim Radianto menonaktifkan Andhy Hendra Wijaya dari jabatan Sekda. 

"Mengapa? Sebab, Andhy saat ini tengah menjalani proses hukum di PN Tipikor," terangnya.

Sementara Anggota LSM Genpatra Anja Isu menyatakan bahwa desakan agar bupati menonaktifkan sekda agar yang bersangkutan konsen menjalani proses hukum. 

"Sekda adalah top leader birokrasi. Jika sekda yang saat ini tengah menjalani proses hukum kasus korupsi tetap dibiarkan menjabat, maka jelas akan mencoreng kewibawaan birokrasi Gresik," kata Anja Isu mendampingi Kordinator LSM Genpatra Ali Candi kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (9/1).

Sementara Jhon Oi, anggota Genpatra lainnya bersyukur karena makin banyak masyarakat Gresik yang mendukung Genpatra mengawal kasus korupsi di BPPKAD. 

"Jadi, saat ini empati masyarakat Gresik terhadap proses hukum Sekda sangat luar biasa. Masyarakat sejalan dengan Genpatra agar kasus korupsi di BPPKAD tak berhenti di Muktar dan Sekda. Semua pejabat yang terlibat harus diadili," imbuhnya.

Lanjut Jhon Oi, demo di DPRD Gresik pada 14 Januari mendatang untuk mendesak agar DPRD memanggil Bupati Sambari Halim Radianto. "DPRD kami desak untuk meminta Bupati agar mau menonaktifkan Sekda yang jadi terdakwa kasus korupsi di BPPKAD," jelasnya.

"Kalau Bupati tidak ada itikad baik, kami akan desak DPRD untuk segera mengambil sikap menggunakan hak interpelasi, bahkan kalau perlu hak angketnya kepada Bupati," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...