Democracy in Corporation, Penyebab Kemunduran Demokrasi dalam Pemilu

Democracy in Corporation, Penyebab Kemunduran Demokrasi dalam Pemilu Suasana Seminar Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di Mirama Mercure, Kamis (26/12).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kualitas Pemilu masih perlu terus ditingkatkan di setiap momen suksesi kepemimpinan baik Pilkada, Pileg, maupun Pilpres.

Munculnya tren kemunduran demokrasi (democracy regress), sangat berpengaruh terhadap kualitas pemilu yang digelar.

Dr Abdul Kholiq, akademisi dari Univeritas Islam Sunan Ampel Surabaya menjelaskan, mundurnya demokrasi dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya, ujar pria yang pernah menjadi anggota Pansel KPU Jatim tersebut, adanya kekuatan modal yang bermain dalam setiap proses demokrasi.

"Ada istilah democracy in corporation, jadi mereka yang memiliki modal bisa memainkan apa saja, ini membuat kemunduran dalam demokrasi," ujarnya saar menjadi pembicara pada Seminar Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di Hotel Mercure, Kamis (26/12).

Menurutnya, ada beberapa solusi untuk mencegah hal itu terus terjadi, seperti sistem yang harus diperbaiki dan diperkuat.

Selain itu,  kata dia, dari sisi penyelenggara. Baik KPU maupun Bawaslu, harus nemiliki integritas yang tinggi dalam upaya menciptakan pemilu yang demokratis. "Integritas dan profesionalitas ini erat kaitanya dengan etika. Makanya para penyelenggara harus beretika," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO