Rumah Kreatif Siap Ramaikan Mlaku-mlaku Nang Tunjungan

Rumah Kreatif Siap Ramaikan Mlaku-mlaku Nang Tunjungan Kepala Disbudpar Kota Surabaya Antiek Sugiarti ditemani Raihan Windiarto, pelajar kelas 5 SD Kaliasin 1 Surabaya yang ambil bagian dalam kegiatan opera.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kembali menggelar Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, Sabtu (14/12) lusa.

Ada yang berbeda dari kegiatan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan sebelumnya. Rencananya akan berkolaborasi dengan Rumah Kreatif dengan menampilkan pertunjukan seni dan budaya.

Kepala Disbudpar Kota , Antiek Sugiarti mengatakan akan menyuguhkan aneka kuliner dan kraft produksi UMKM binaan Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, DP5A, Pahlawan Ekonomi, Pejuang Muda, dan masyarakat sekitar.

Dalam event itu, sebanyak 240 UMKM akan terlibat. Di samping menjajakan makanan dan minuman khas tradisional, Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan akan menampilkan berbagai kegiatan seni, seperti tari, musik, teater, pantomim.

“Sekitar 400 anak, yang biasanya dilatih di rumah Kreatif Balai Pemuda akan unjuk kebolehan seni kolaborasi yang menarik, menggabungkan tari, musik, karawitan,” ujar Antiek saat jumpa pers di Kantor Bagian Humas, Kamis (12/12).

Antiek menambahkan, penampilan seni dan budaya di acara Malaku-Mlaku Nang Tunjungan yang berlangsung di Jalan Tunjungan berada di atas panggung. Ada tiga panggung yang disiapkan untuk pentas seni dan budaya ini.

“Panggung utama untuk tari Remo, Musik Hip-Hop, kemudian kedua Patrol, jaranan, pantomim, sedangkan ketiga Tari Reog, Angklung dan beberapa seni lainnya,” tambahnya.

Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan akan dimulai pada Pukul 16.00 – 22.00 WIB. Di tahun 2019 ini, acara ini digelar kelima kalinya. Setiap event Mlaku-Mlaku, jumlah kunjungannya berkisar 33-38 ribu orang.

Heru, Ketua Bengkel Seni , yang sekaligus sutradara dalam pagelaran seni budaya di Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, menyampaikan, tema yang diusung pada pentas seni budaya nanti adalah “Indonesia Bangkit”.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO