Senin, 24 Februari 2020 18:50

Fraksi Nasdem DPRD Gresik Anggap Perda RTRW Belum Urgen Direvisi

Kamis, 12 Desember 2019 22:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Fraksi Nasdem DPRD Gresik Anggap Perda RTRW Belum Urgen Direvisi
Paripurna penyampaian Ranperda tahap II di ruang paripurna DPRD Gresik. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik menggelar paripurna dengan agenda penyampaian dan pemandangan umum (PU) fraksi terhadap rancangan peraturan daerah (Raperda) Pemkab Gresik tahap II, di ruang paripurna DPRD setempat, Kamis (12/12).

Dari tujuh fraksi, hanya F-PKB dan F-Nasdem yang membacakan Pandangan Umum (PU). Sementara fraksi lainnya memilih langsung menyerahkan PU kepada pimpinan sidang.

Dalam PU-nya, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Gresik, Musa menyatakan menilai ada hal menarik dari pengajuan 8 Raperda oleh Pemerintah Kabupaten Gresik tahap II.

Salah satunya, terkait Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gresik Tahun 2019-2039 sebagai revisi Perda No. 08 Tahun 2011 tentang RTRW Kabupaten Gresik 2010-2030, yang dinilainya belum urgen.

"Perda dimaksud masih sangat relevan untuk diberlakukan hingga saat ini, hanya saja pemerintah tidak konsisten dalam pelaksanaanya. Karena itu, Fraksi Nasdem menganggap belum terlalu urgen untuk merevisi dan atau membuat Perda baru tentang RTRW, apalagi hanya untuk kepentingan kawasan ekonomi khusus (KEK) di kawasan Java Integrated Industrial Ports and Estate (JIIPE) di wilayah Manyar," terangnya.

Sementara untuk Raperda lain, yakni Raperda Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Gresik, Fraksi Nasdem setuju dilakukan penataan dan penguatan terhadap struktur serta kelembagaan Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Gresik (Perumda BPR Bank Gresik).

"Hal ini guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan agar Perumda BPR Bank Gresik dapat menjangkau sampai ke pelosok desa, dengan harapan Perumda BPR Bank Gresik dapat bekerja sama dengan BUMDes yang selalu bersinggungan dengan kegiatan dan aktivitas ekonomi masyarakat desa," jelas Musa.

Untuk Raperda Perusahaan Umum Daerah Giri Tirta, Fraksi Nasdem berharap dilakukan penataan dan perbaikan tata kelola organisasi sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance dan sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat tercapai keadilan sosial bagi masyarakat.

"Hanya, Fraksi Nasdem memberikan catatan pada Bab XIII bagian kesatu kerja sama pasal 101 perlu dilakukan kajian dan penegasan terhadap pihak lain sehingga tidak menimbulkan multi tafsir dalam penerapan model kerja sama dengan pihak lain," pintanya.

Kemudian, Raperda Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir, kata Musa, Fraksi Partai Nasdem perlu mengusulkan pembentukan badan khusus pengelola parkir guna untuk meningkatkan PAD dan adanya kepastian serta tanggungjawab yang jelas dalam pengelolaannya.

"Untuk Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Gresik, Fraksi Nasdem dapat memahami dengan diundangkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 5 tahun 2017 dan perlunya penataan perangkat daerah yang tepat fungsi dan tepat ukuran sesuai dengan beban kerja, sehingga prinsip rasional, proporsional, efektif, dan efesien dapat tercapai. Tentunya, perlu dilakukan kajian secara menyeluruh sehingga prinsip-prinsip tersebut dapat tercapai," terangnya.

Sedangkan untuk Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 31 tahun 2011 tentang retribusi Kekayaan Daerah Berupa Penggunaan Rumah Susun Sederhana Sewa, Fraksi Nasdem setuju dengan usulan tersebut dengan tetap mengedepankan kepentingan masyarakat dengan tidak memberikan harga sewa yang tinggi kepada masyarakat. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...