Jumat, 14 Agustus 2020 03:07

Prihatin Para Emak Terlibat Kasus Narkoba, BNNK Sidoarjo Gelar Sosialisasi P4GN

Minggu, 08 Desember 2019 20:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Prihatin Para Emak Terlibat Kasus Narkoba, BNNK Sidoarjo Gelar Sosialisasi P4GN
Sukardiono, Ketua Takmir Masjid Al-Hidayah saat memberikan tausyiah ke ibu-ibu di dalam masjid.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Modus baru peredaran narkoba di Kota Delta yang melibatkan para emak menjadi perhatian bagi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sidoarjo. 

Sebab, dalam sebulan terakhir, setidaknya Satresnarkoba Polresta Sidoarjo mengamankan lima tersangka wanita berusia di atas 35 tahun. Hal itu diduga sebagai modus baru para pengedar narkoba dalam memuluskan bisnis haram tersebut, dengan melibatkan kaum ibu-ibu.

Langkah pencegahan pun diambil BNNK Sidoarjo dengan melakukan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di forum pengajian ibu-ibu di Masjid Al-Hidayah Dusun Mambang RT 03/RW 01 Pucang, Sidoarjo, Ahad (8/12). 

"Banyak yang awam dengan dengan berbagi jenis dan bentuk narkoba," ungkap Staf P2M BNNK Ahmad Syamsudin. 

Sehingga, lanjutnya, hal tersebut dimanfaatkan oleh pengedar untuk membentuk jaringan narkoba di kalangan emak-emak dengan iming-iming uang yang cukup menggiurkan.

"Hasilnya, banyak emak-emak yang terjerumus kelingkaran hitam peredaran obat terlarang itu. Bahkan, juga ikut mengonsumsi," sebut Syamsudin. 

Jika dibiarkan, hal tersebut tentu bisa berbahaya. Karena banyak yang tidak menyangka peredaran narkoba bukan lagi barang mewah atau hanya untuk anak muda. "Harus lebih mawas diri, jangan mudah terlena. Tentunya dengan meningkatkan pemahaman," sebutnya.

Pihaknya pun sangat terbuka untuk menyosialisaikan P4GN di seluruh kalangan masyarakat. Baik dalam forum formal maupun non formal. Bisa langsung bersurat tanpa dipungut biaya.

Sukardiono selaku Ketua Takmir Masjid Al-Hidayah pun mendukung penuh hal tersebut. Pihaknya juga tidak menyangka bahwa peredaran narkoba semakin kompleks. 

"Modusnya pun cukup lihai, bahkan ada yang nyambi jualan kopi," ungkapnya heran. 

Namun, hal tersebut membuat para jamaahnya semakin termotivasi untuk memerangi narkoba. Hal ini demi generasi masa depan yang lebih baik. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...