Camat Batu Sepakat Kecamatan Batu Dimekarkan

Camat Batu Sepakat Kecamatan Batu Dimekarkan Yopi Supriadi, Camat Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tak pernah berkomentar soal pemekaran wilayah Kecamatan Batu, akhirnya Camat Batu Yopi Supriadi buka suara. Ia menilai, wilayah Kecamatan Batu memang layak dimekarkan. Pasalnya, hampir separuh penduduk yang berjumlah sekitar 220 ribu jiwa, lebin kurang 110 ribu jiwa bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Batu.

“Jika melihat dari jumlah penduduk yang menghuni di wilayah ini, saya setuju jika wilayah Kecamatan Batu dimekarkan. Bayangkan, sekitar separuh penduduk tinggalnya di kecamatan ini,” ujar Yopi Supriadi kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (7/12).

Untuk mendukung upaya pemekaran wilayah Kecamatan Batu ini, pihaknya sepakat jika wilayah Kelurahan Sisir dan Kelurahan Temas juga dimekarkan. Saat ini, jumlah penduduk di Kelurahan Sisir lebih kurang 20 ribu jiwa dan di Kelurahan Temas lebih kurang 18 ribu jiwa.

“Namun demikian, untuk pemekaran wilayah Sisir dan Temas, tetap harus melalui kajian yang mendalam. Jangan sampai upaya pemekaran yang dilakukan malah membawa ke arah yang kurang baik. Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda dan seluruh komponen di dua kelurahan itu harus diajak urun rembuk,” harapnya.

Ditambahkan, selain pemekaran wilayah kecamatan, pihaknya juga berharap ada penggabungan wilayah tertentu di . Semisal, Desa Sidomulyo yang secara de facto masuk wilayah Kecamatan Batu, ternyata lebih dekat dengan wilayah Kecamatan Bumiaji. Bahkan, kata dia, banyak masyarakat yang mengira jika Desa Sidomulyo termasuk wilayah Kecamatan Bumiaji.

“Kita juga harus mencermati adanya kemungkinan penggabungan wilayah, bukan hanya pemekaran saja. Jika itu lebih mengefektifkan pelayanan kepada masyarakat, mengapa tidak untuk dilakukan? Tapi sekali lagi hal ini harus benar-benar melalui kajian yang komprehensif,” terangnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO