Kapolres Gresik Sabet Penghargaan Yanlik 2019 Kategori Sangat Baik dari Kemenpan-RB

Kapolres Gresik Sabet Penghargaan Yanlik 2019 Kategori Sangat Baik dari Kemenpan-RB Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menerima penghargaan dari Menpan-RB, Tjahjo Kumolo. foto: ist.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik di bawah kepemimpinan AKPB Kusworo Wibowo menorehkan prestasi dengan menyabet penilaian sangat baik dalam pelayanan publik (Yanlik) tahun 2019 dari Kemenpan-RB RI.

Penghargaan itu diterima langsung Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo dari Menpan-RB RI Tjahjo Kumolo di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/11).

Deputi Yanlik, Prof Dr Diah Natalisa menyatakan penilaian Yanlik 2019 lokasi khusus (Lokus) evaluasi dibagi 3 wilayah, mulai April - Oktober 2019. "Ada 7 Polres tidak dievaluasi karena force majeure," katanya.

Adapun sasaran Yanlik SIM dan SKCK. Evaluasi dilaksanakan secara online (SDM, Sarpras, inovasi, dan lainnya). Sedangkan tim evaluator dari pusat dan eksternal.

Dari penilaian itu, dihasilkan evaluasi di 207 Polres dengan indeks 3,57 (kategori baik). Meliputi nilai A sebanyak 39 Polres, nilai B 140 Polres, nilai C 27 Polres. "Yang perlu diperbaiki adalah pelibatan masyarakat dalam standar Yanlik, survei kepuasan, reward kepada pegawai, sarana prasarana (Sarpras) khusus, layanan pengaduan, dan inovasi," terangnya.

Sementara Menpan-RB RI Tjahjo Kumolo menyatakan pemberian penghargaan ini merupakan bagian iuntuk memperbaiki birokrasi pelayanan mulai tingkat atas sampai bawah. Sebab menurut dia, Polri sabagai salah satu fungsi pelayan masyarakat (Yanmas), Harkamtibmas, Gakkum, dan Linyanyom.

Karena itu, dia meminta Polri bisa mendengarkan aspirasi masyarakat. "Jangan terjebak rutinitas. Yanlik harus mampu baca keinginan masyarakat yang dinamis. "Inovasi dan jawab kebutuhan masyarakat, responsif dan berdaya saing. Polres harus punya kontribusi besar dalam Yanlik," katanya.

Sementara Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo mengaku bersyukur atas penghargaan Yanlik 2019 kategori sangat baik dari Menpan-RB. "Alhamdulillah di tahun 2019 ini Polres Gresik dalam penilaian Kemenpan-RB mendapatkan penghargaan sangat baik dalam pelayanan publik," katanya, Kamis (21/11). (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO