Sabtu, 28 Maret 2020 20:44

Seperti Ini Cara Komandan KRI Sidat-851 Pupuk Semangat Juang Para Prajurit

Jumat, 15 November 2019 18:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Devi Fitri
Seperti Ini Cara Komandan KRI Sidat-851 Pupuk Semangat Juang Para Prajurit
Prajurit KRI Sidat-851 yang sedang melaksanakan Operasi Busur Ambalat 19 refreshing dengan nobar film Midway. Giat ini juga untuk memupuk jiwa korsa dan kebersamaan di antara mereka.

BALIKPAPAN, BANGSAONLINE.com - Beragam cara dapat dilakukan untuk memupuk rasa semangat juang pada diri setiap orang. Tak terkecuali semangat juang dalam menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan, yang menjadi tugas dan kewajiban para prajurit KRI Sidat-851 yang sedang melaksanakan Operasi Busur Ambalat 19.

Salah satunya dengan mengajak nonton bareng atau nobar film action perang yang mengandung nilai sejarah seperti yang dilakukan Komandan KRI Sidat-851 Mayor Laut (P) Octo Manurung. Octo-sapaan akrabnya mengajak para prajurit nobar film berjudul Midway, yang saat ini sedang laris diputar di bioskop seluruh Indonesia.

Kegiatan nobar dilakukan saat kapal perang TNI AL di jajaran Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XIII Tarakan yang sedang BKO di Guspurla Koarmada II ini tengah sandar di Balikpapan, Kamis (14/11).

Bertempat di XXI Balikpapan Superblock, Komandan beserta prajurit menonton film hasil besutan sutradara terkenal Rolan Emmerich tersebut. Midway yang berdurasi 138 menit ini mengisahkan tentang para penerbang dan pelaut militer di kapal induk USS Enterprise saat menghadapi serangan Pearl Harbor pada Desember 1941, yang terjadi di kepulauan Midway.

Octo mengungkapkan jika acara nobar ini sengaja dirancangnya karena dinilai banyak manfaat yang diambil, selain sebagai unsur refreshing buat prajurit juga untuk memupuk jiwa korsa dan kebersamaan di antara mereka.

“Setelah menonton film tersebut saya berharap wawasan mereka tentang sejarah Perang Dunia II yang melibatkan pasukan angkatan laut dapat bertambah, dan yang terpenting mental juang dan naluri tempur para prajurit dapat terpelihara. Karena hal tersebut dibutuhkan dalam melaksanakan tugas di medan operasi,” terang Octo.

Melengkapi kebersamaan hari itu, maka usai nobar, Komandan beserta ABK makan bersama di salah satu rumah makan di sekitar kawasan Balikpapan Superblock.

KRI Sidat-851 saat ini terlibat untuk mendukung pelaksanaan tugas operasi pengamanan batas wilayah laut di bawah komando Gugus Tempur Laut Koarmada II, dengan sandi Operasi Busur Ambalat 19 yang memiliki tugas pokok melaksanakan pengamanan wilayah perbatasan laut Indonesia-Malaysia di Ambalat.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...