Biar Tampak Kokoh dan Megah, Tiang Layar Bima Suci Jalani Perawatan

Biar Tampak Kokoh dan Megah, Tiang Layar Bima Suci Jalani Perawatan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Biar kemegahan dan kekokohan terjaga, KRI Bima Suci jalani perawatan rutin. KRI Bima Suci memiliki tiang layar tinggi, peralatan pendukungnya yang berbahan kayu, kuningan, dan stainless. Peralatan itu diharapkan akan tetap tampak cantik dan anggun jika dirawat sungguh-sungguh para prajurit pengawaknya.

Komandan Satgas Pelayaran Bima Suci 2020 Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M. Tr. Hanla memerintahkan para prajurit dan Taruna untuk melaksanakan perawatan, seperti yang terlihat pada Sabtu (17/10/20).

Perawatan selama pelayaran di Samudera Hindia ini difokuskan pada spanskrup yang terbuat dari besi yang berfungsi sebagai pengikat tangga saat melaksanakan parade roll dan tajuk layar yang berbahan kayu serta pin rail berbahan stainless yang berfungsi sebagai tempat mengikat tali-tali layar.

Dalam perawatan spanskrup, para prajurit dan taruna melaksanakan greesing. Sedangkan pada perawatan Tajuk layar dan pin raill (pasak tali) para prajurit dan taruna melaksanakan oiling dengan menggunakan tick oil (minyak jati) agar peralatan tampak mengkilat dan terawat.

"Perawatan alat peralatan di KRI Bima Suci ada yang bersifat harian, mingguan dan bulanan. Sedangkan Saat ini para prajurit KRI Bima Suci memberikan pelatihan kepada taruna tetang perawatan yang bersifat bulanan salah satunya adalah spanskrup, tajuk layar dan pin rail," terang orang nomor satu di Satgas Pelayaran KRI Bima Suci.

Proses perawatan yang dilaksanakan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan seperti yang telah ditekankan Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan, S. Pi., M.M guna mencegah penularan Covid-19. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO