Minggu, 05 Juli 2020 00:27

Temukan Kegiatan Mirip di OPD Lain, DPRD Pasuruan Bedah Anggaran Dispora

Kamis, 14 November 2019 20:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Temukan Kegiatan Mirip di OPD Lain, DPRD Pasuruan Bedah Anggaran Dispora

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Rapat kerja Dispora dengan mitra kerja Komisi IV DPRD yang digelar pada Kamis (14/11) terkait RKA (Rencana Kerja Anggaran) tahun 2020, berjalan cukup alot.

Dalam pembahasan seputar anggaran yang diajukan di beberapa program, ditemukan kegiatan yang rutinitas serta kegiatan yang hampir mirip dengan yang diajukan oleh beberapa OPD lain, yakni pemberantasan narkoba.

Tak ayal, temuan usulan anggaran tumpang tindih yang diajukan Dispora tersebut menjadi pertanyaan besar para wakil rakyat. Mengingat, ada beberapa OPD lain juga menganggarkan kegiatan yang sama seperti Kesbanglinmas, Dinkes, dan Kominfo.

"Kami minta ada penjelasan dari Dispora terkait munculnya anggaran Rp 101 juta tersebut," jelas Tri Laksano, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan.

Tak hanya itu saja, sorotan pada pos kegiatan kepemudaan yang diusulkan untuk kewirausahaan tak luput dari pantauan komisi IV, yakni anggaran pelatihan yang bersumber dari dana cukai sebesar Rp 840 juta. Ada juga anggaran Paskibraka Rp 657 juta, serta beberapa anggaran lainnya yang perlu ada penjelasan secara detail.

Plt Dispora Kabupaten Pasuruan Yudha Tri Widya Sasongko menjelaskan bahwa anggaran untuk pelatihan kewirausahaan bagi para pemuda,  yakni berupa pelatihan membuat hantaran lamaran. 

"Untuk pelatihan kewirausahaan memang dilakukan secara gantian, tujuannya adalah memberikan ketrampilan," bebernya.

Sedangkan untuk anggaran Paskibraka, lanjut Yudha, yakni dipergunaan untuk penjaringan dan seleksi siswa-siswi di beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Pasuruan. Juga untuk pengadaan seragam serta karantina para siswa yang lolos penjaringan. Mereka akan mendapatkan pelatihan dan pembekalaan.

"Di Paskibraka tahapannya panjang. Mulai seleksi di tingkat sekolah, pengadaan seragam, angkanya memang besar tapi dipastikan sudah sesuai prosedur," jelas Yudha.

Pihak Dispora juga akan menampung usulan dan masukan yang konstruktif dari para anggota dewan di komisi IV. Selama itu untuk perbaikan kegiatan program sudah ada, termasuk soal perhatian pemkab kepada siswa yang berprestasi di bidang olahraga dan mengharumkan nama Kabupaten Pasuruan. (bib/par/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...