Selasa, 26 Mei 2020 07:06

Sebulan, Polres Kediri Kota Amankan Puluhan Tersangka Kasus Narkoba

Selasa, 12 November 2019 00:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Arif Kurniawan
Sebulan, Polres Kediri Kota Amankan Puluhan Tersangka Kasus Narkoba
Para tersangka bersama barang bukti saat diamankan di Mapolres Kediri Kota. foto: ARIF KURNIAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Polres Kediri Kota selama satu bulan berhasil mengamankan 20 tersangka yang ditangkap karena kepemilikan maupun sebagai pengedar sabu atau pil dobel L.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana menjelaskan, dari hasil ungkap yang dilakukan, Satreskoba berhasil mengamankan barang bukti berupa puluhan paket sabu dan pil dobel L. 

“Barang bukti puluhan paket sabu dan pil dobel L ini kami sita dari 20 tersangka yang keseluruhan ada 15 laporan polisi (LP),” ungkapnya.

Dari 15 kasus, lanjutnya, merupakan bentuk laporan masyarakat kepada personel Polres Kediri Kota. Setelah mendapat laporan, Satreskoba segera melakukan penyelidikan dan pemeriksaan. Personel melakukan pemeriksaan lalu dari 15 kasus tersebut ada dua kategori, yaitu terkait kasus narkotika sebanyak 8 kasus dan 7 kasus termasuk dalam golongan obat keras.

Miko mengatakan, ada dua pasal yang disangkakan pada ke-20 tersangka ini, yaitu Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 196 yo Pasal 98 ayat 2 UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan sub pasal 3 ayat 1 yo pasal 12 Stbl Nomor 419 tahun 1949 tentang Obat Keras.

"Yang diamankan terdiri dari pengguna dan pengedar, tentu pasal yang akan diberlakukan pun berbeda. Rata-rata mereka ini adalah swasta, Satreskoba terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui dari mana barang-barang ini diperoleh,” ujarnya.

Personel, sambungnya, juga akan memetakan beberapa hal dari hasil pemeriksaan dan evaluasi terkait ungkap kasus tersebut. Apakah para pengguna ini terpaksa menggunakan barang haram tersebut untuk menunjang pekerjaan mereka atau ada kebiasaan dan tren baru di wilayah hukum Polresta Kediri.

Menurutnya, untuk tren narkoba di wilayah hukum Polres Kediri Kota, berdasarkan hasil ungkap ada peningkatan dari bulan sebelumnya. 

“Tapi sebenarnya ini adalah atensi dari kapolri untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Sementara ini, Kediri menjadi tempat transit perederannya narkoba serta obat keras, jelas ini menjadi atensi kami,” pungkasnya. (rif/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...