Sabtu, 15 Mei 2021 15:00

Minarak Brantas Gas Gelar Mobil Sehat Keliling Layani Pengobatan Gratis

Jumat, 11 Oktober 2019 00:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Minarak Brantas Gas Gelar Mobil Sehat Keliling Layani Pengobatan Gratis
Tenaga medis saat melayani warga Porong yang konsultasi masalah kesehatan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kegiatan sosial berupa pengobatan gratis kembali digelar oleh Minarak Brantas Gas bersama Bakrie Amanah. Kali ini melalui layanan mobil sehat keliling di empat desa di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Pengobatan gratis hari pertama digelar Rabu (9/10) di Desa Kedungboto dan Pesawahan. Sementara hari kedua dilakukan pada Kamis (10/10) di Desa Candipari dan Wunut.

Ada belasan tenaga medis yang diterjunkan dalam pengobatan gratis yang dilakukan di masing-masing balai desa setempat. Kegiatan sosial ini juga menurunkan satu unit layanan mobil sehat keliling milik Bakrie Amanah.

Ratusan warga menyambut antusias pelayanan pengobatan gratis ini. Warga berdatangan untuk memeriksakan kesehatannya, mulai dari cek tensi darah, diabetes, gigi, dan sejumlah keluhan penyakit lain. Warga yang sudah diperiksa kemudian mendapatkan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang dikeluhkan.

BACA JUGA : 

​Dikira Petasan, Penembakan Misterius di Waru Sidoarjo Lubangi Tembok hingga Tembus Motor

Tabrak Truk, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Sidorejo Krian Sidoarjo

1 Ekor Musang yang Sering Berkeliaran di Perum Pondok Candra Sidoarjo Tertangkap, 3 Masih Buron

Truk Tronton Terguling di Bypass Krian, Muatan Batu Bara Tumpah ke Jalan

Dalam pengobatan gratis ini juga ada pelayanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) bagi ibu-ibu hamil. Pemeriksaan USG ini untuk memantau pertumbuhan janin. Pemeriksaan USG ini sangat disarankan untuk ibu hamil yang menderita diabetes, hipertensi, atau komplikasi medis lainnya.

Pengobatan gratis di Desa Kedungboto dan Pesawahan dihadiri 181 warga dan 22 ibu hamil. Mayoritas yang memeriksakan kesehatannya adalah kelompok lanjut usia (lansia).

“Pelayanan kesehatan ini sangat membantu, apalagi di desa kami masih banyak ibu hamil usianya di atas 35 tahun dan awam masalah kehamilan dan USG,” kata Dewi Purwati (29), warga Desa Kedungboto, Kamis (10/10).

Kepala Desa Kedungboto Yusuf menambahkan, pengobatan gratis sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Maka dia mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosial yang dilakukan Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah di desanya.

“Harapan kami ke depannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi dengan jumlah penerima manfaat lebih banyak lagi,” kata Yusuf.

Sementara itu pengobatan gratis di Desa Candipari dihadiri 122 lansia dan 10 ibu hamil. Demikian pula pengobatan gratis di Desa Wunut juga dihadiri lebih dari 100 warga.

Manager Public Relations Minarak Brantas Gas Arief Setyo Widodo mengatakan, program pelayanan kesehatan gratis ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan pengeboran gas tersebut. Kegiatan serupa juga sudah pernah dilakukan sebelumnya di Desa Kedungbanteng, Kalidawir, Penatarsewu, dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa serta pihak Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah,” kata Arief.

Program pengobatan gratis ini juga merupakan bagian dari roadshow Mobil Sehat Keliling Pulau Jawa milik Bakrie Amanah. Bakrie Amanah merupakan lembaga amil zakat milik usaha Bakrie. Pengobatan gratis ini juga melibatkan tim medis rumah sehat Baznas Sidoarjo, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo serta perangkat desa di lokasi pengobatan. (cat/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa maksud...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...