Selasa, 11 Agustus 2020 04:47

Minarak Brantas Gas Gelar Mobil Sehat Keliling Layani Pengobatan Gratis

Jumat, 11 Oktober 2019 00:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Minarak Brantas Gas Gelar Mobil Sehat Keliling Layani Pengobatan Gratis
Tenaga medis saat melayani warga Porong yang konsultasi masalah kesehatan.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kegiatan sosial berupa pengobatan gratis kembali digelar oleh Minarak Brantas Gas bersama Bakrie Amanah. Kali ini melalui layanan mobil sehat keliling di empat desa di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.

Pengobatan gratis hari pertama digelar Rabu (9/10) di Desa Kedungboto dan Pesawahan. Sementara hari kedua dilakukan pada Kamis (10/10) di Desa Candipari dan Wunut.

Ada belasan tenaga medis yang diterjunkan dalam pengobatan gratis yang dilakukan di masing-masing balai desa setempat. Kegiatan sosial ini juga menurunkan satu unit layanan mobil sehat keliling milik Bakrie Amanah.

Ratusan warga menyambut antusias pelayanan pengobatan gratis ini. Warga berdatangan untuk memeriksakan kesehatannya, mulai dari cek tensi darah, diabetes, gigi, dan sejumlah keluhan penyakit lain. Warga yang sudah diperiksa kemudian mendapatkan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang dikeluhkan.

Dalam pengobatan gratis ini juga ada pelayanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) bagi ibu-ibu hamil. Pemeriksaan USG ini untuk memantau pertumbuhan janin. Pemeriksaan USG ini sangat disarankan untuk ibu hamil yang menderita diabetes, hipertensi, atau komplikasi medis lainnya.

Pengobatan gratis di Desa Kedungboto dan Pesawahan dihadiri 181 warga dan 22 ibu hamil. Mayoritas yang memeriksakan kesehatannya adalah kelompok lanjut usia (lansia).

“Pelayanan kesehatan ini sangat membantu, apalagi di desa kami masih banyak ibu hamil usianya di atas 35 tahun dan awam masalah kehamilan dan USG,” kata Dewi Purwati (29), warga Desa Kedungboto, Kamis (10/10).

Kepala Desa Kedungboto Yusuf menambahkan, pengobatan gratis sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Maka dia mengucapkan terima kasih atas kegiatan sosial yang dilakukan Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah di desanya.

“Harapan kami ke depannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi dengan jumlah penerima manfaat lebih banyak lagi,” kata Yusuf.

Sementara itu pengobatan gratis di Desa Candipari dihadiri 122 lansia dan 10 ibu hamil. Demikian pula pengobatan gratis di Desa Wunut juga dihadiri lebih dari 100 warga.

Manager Public Relations Minarak Brantas Gas Arief Setyo Widodo mengatakan, program pelayanan kesehatan gratis ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan pengeboran gas tersebut. Kegiatan serupa juga sudah pernah dilakukan sebelumnya di Desa Kedungbanteng, Kalidawir, Penatarsewu, dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa serta pihak Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah,” kata Arief.

Program pengobatan gratis ini juga merupakan bagian dari roadshow Mobil Sehat Keliling Pulau Jawa milik Bakrie Amanah. Bakrie Amanah merupakan lembaga amil zakat milik usaha Bakrie. Pengobatan gratis ini juga melibatkan tim medis rumah sehat Baznas Sidoarjo, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo serta perangkat desa di lokasi pengobatan. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...