Jadi Tempat Pembuangan Limbah Industri, Sungai Bengawan Solo Menghitam

Jadi Tempat Pembuangan Limbah Industri, Sungai Bengawan Solo Menghitam Sungai Bengawan Solo tampak airnya menghitam.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Aliran air sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah berubah warna jadi hitam. Menghitamnya air Bengawan Solo diduga akibat tercampur dengan limbah.

Informasi yang dihimpun, beberapa waktu lalu Gubernur Jatim sempat bertemu dengan Gubernur Jateng dalam rangka salah satunya membahas kondisi sungai Bengawan Solo.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten memastikan bahwa menghitamnya air di sungai yang terpanjang di pulau Jawa tersebut karena tercemar limbah. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Bupati Budi Sulistyono.

"Memang benar kondisi Bengawan Solo yang airnya hitam karena limbah industri dari beberapa pabrik yang berada di hulu," jelas Bupati Budi Sulistyono pada awak media.

Menurut orang nomor satu di ini, bahwa banyak pabrik tekstil maupun lainnya yang berada di wilayah Jawa Tengah yang membuang limbahnya di Bengawan Solo. Hal ini berimbas pada daerah yang ada di muara.

Terkait kondisi tersebut, Kanang, sapaan Bupati telah melaporkan pada Kementerian Lingkungan Hidup. "Sebenarnya dengan kondisi Bengawan Solo bukan hanya kita saja yang bertanggung jawab, kita telah melaporkan pada Kementerian Lingkungan Hidup," urainya.

Sebab menurut Kanang, mulai dari Solo hingga Sragen banyak berdiri pabrik-pabrik tekstil maupun jamu. Dalam laporannya, ia meminta Kementerian Lingkungan Hidup menindak pabrik yang membuang limbahnya ke Bengawan Solo maupun menegur pabrik yang IPAL-nya tidak layak. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO