DPRD Jember Tandatangani Pakta Integritas, Janji Teruskan Aspirasi Aliansi BEM se-Jember

DPRD Jember Tandatangani Pakta Integritas, Janji Teruskan Aspirasi Aliansi BEM se-Jember

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Aksi unjuk rasa dilakukan sekitar 200 mahasiswa gabungan aliansi BEM se-Kabupaten Jember, mengkritisi RUU Pertanahan dan Kebijakan BPJS Kesehatan, Selasa (24/9). Aksi yang dipusatkan di depan halaman gedung DPRD Jember itu, ratusan mahasiswa ditemui langsung oleh 4 pimpinan DPRD Jember dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Di depan para mahasiswa, para wakil rakyat DPRD Jember menegaskan untuk memperjuangkan tuntutan mahasiswa dengan penandatangan pakta integritas untuk diteruskan ke DPR RI.

"Untuk soal RUU pertanahan, 5 konflik agraria yang terjadi saat ini menjadi perhatian, dan merupakan pengerucutan fokus tuntutan kami, juga soal transparansi BPJS Kesehatan," kata Korlap Aksi Muhammad Rizal saat dikonfirmasi wartawan usai aksi, Selasa (24/9/2019) siang.

Menurut Rizal, Indonesia ini tidak pernah lepas dari kesewenang-wenangan, terlebih lagi terkait persoalan pertanahan ini. "Mulai dari penyerobotan lahan, soal pertanian, pertambangan, eksploitasi, dan corporate (beberapa hal), yang menjadi momok. Sehingga RUU pertanahan (dinilai) bermuara pada kesewenang-wenangan," ungkapnya.

"Karena nantinya negara mempunyai kekuasaan mutlak untuk legalitas mengenai pertanahan itu," sambungnya. Karena itu, pihaknya berharap agar ada perhatian serius agar tidak merugikan rakyat.

Kemudian terkait BPJS Kesehatan, lanjutnya, perlu ada evaluasi dan audit terkait anggaran jaminan kesehatan itu. "Sehingga akan lebih transparan (terkait anggaran yang dibutuhkan dan digunakan) kepada masyarakat luas," tegasnya.

Lihat juga video 'Tak Terima Motor Anaknya Ditilang, Pria ini Mengejar Polantas dengan Membawa Celurit dan Parang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO