Wakil Wali Kota Pasuruan Berikan Bantuan Kepada Anak Yatim, Dhuafa, dan Lansia Terlantar

Wakil Wali Kota Pasuruan Berikan Bantuan Kepada Anak Yatim, Dhuafa, dan Lansia Terlantar Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo saat menyerahkan bantuan kepada salah satu anak yatim.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyelenggarakan kegiatan bantuan sosial bertempat di Kelurahan Purworejo Kota Pasuruan, Kamis (19/9). Kali ini, Dinsos Kota Pasuruan memberikan bantuan berupa uang tunai kepada anak yatim, lansia, dhuafa, dan penyandang disabilitas yang tersebar di 4 Kecamatan.

Bantuan itu diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo. Untuk anak yatim sebanyak 347, masing-masing memperoleh Rp.300.000. Kemudian bantuan modal kepada 30 wanita rawan sosial ekonomi melalui rekening masing-masing sejumlah Rp. 2.500.000, kepada 30 lanjut usia terlantar per orang memperoleh sejumlah Rp. 800.000, dan kepada 19 lanjut usia potensial diberikan bantuan modal per orang sebesar Rp. 1.000.000.

Kemudian, kepada 2 orang penyandang disabilitas diberikan bantuan modal sebesar Rp 2.000.000, per orang. Kegiatan tersebut juga di hadiri Kepala OPD terkait, Camat Purworejo dan Lurah se-Kecamatan Purworejo.

Dalam sambutannya, Wawali Teno mengatakan bantuan ini sebagai stimulan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial sebagai wujud terlaksananya suatu pelayanan dan perlindungan sosial dari Pemerintah Kota Pasuruan.

"Pemerintah Kota Pasuruan sebagai piranti negara yang ada di tingkat daerah bisa hadir dan berperan dalam merancang dan melaksanakan berbagai program pembangunan kesejahteraan sosial untuk menangani masalah-masalah kesejahteraan sosial pada tingkat daerah. Dengan demikian, kondisi kesejahteraan sosial yang berdimensi luas dan berkelanjutan di Kota Pasuruan dapat diwujudkan," ujar Teno.

Ia berharap Disos terus merekonstruksi pelaksanaan tugas-tugasnya agar lebih jelas dan terukur, karena kehadiran Pemerintah di dalam masyarakat penyandang permasalahan kesejahteraan sosial adalah hal yang utama dalam penyelesaian masalah sosial masyarakat. Juga diharapkan kepada seluruh penerima bantuan agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara menurut Plt. Kepala Dinsos Kota Pasuruan Hery Dwi Sujatmiko, S.Sos., M.M., tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan dan kelangsungan hidup penyandang masalah sosial. "Serta untuk meningkatkan ketahanan sosial masyarakat dalam mencegah dan menangani masalah kesejahteraan. Kegiatan ini secara simbolis dilaksanakan di Kelurahan Purworejo, diikuti secara serentak di 3 (tiga) Kecamatan," tuturnya. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO