Perjuangan Siswa SDN Sucopangepok 5 Jember Menuju Sekolah, Harus Jalan 3 Km Lewati Perbukitan

Perjuangan Siswa SDN Sucopangepok 5 Jember Menuju Sekolah, Harus Jalan 3 Km Lewati Perbukitan Para siswa-siswi SDN Sucopangepok 5 kedatangan tamu dari Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Semangat para siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sucopangepok 5 untuk menuntut ilmu patut diacungi jempol. Kondisi bangunan SD yang terletak di Dusun Tenap, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur itu memprihatinkan, bahkan bisa dikatakan hampir roboh.

Lokasinya juga berada di daerah pedalaman dan perbukitan. Namun hal itu tak membuat para siswa patah arang untuk tetap belajar di sekolah tersebut. Padahal, jarak rumah para siswa dengan SDN Sucopangepok 5 juga sangat jauh sekali.

Setiap harinya, para murid berangkat dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 kilometer (Km) untuk menuju sekolah. Tidak hanya jauh, namun, kondisi medan jalan yang dilewati juga berbukit, melewati sawah, dan perkebunan kopi.

“Akses yang sulit disertai sarana yang kurang memadai, tidak menjadi penghalang bagi para murid untuk mencari ilmu. Semangat mereka tidak padam untuk menuntut ilmu,” kata salah seorang guru SDN Sucopangepok 5 Prasongko Widodo, Kamis (12/9/2019).

Ia menyebutkan, ada sekitar 15 anak yang rumahnya di Daerah Tancak, yang lokasinya berada di seberang bukit sekolah. “Dengan jarak kurang lebih 3 kilo (Km) dari rumah ke sekolahnya, mereka harus jalan kaki, dengan medannya yang berbukit,” ungkapnya.

“Saya salut dengan semangat anak-anak ini. Yang penting mereka itu masuk sekolah, dapat tambahan ilmu, sedikit atau banyak,” imbuhnya.

Prasongko juga menyampaikan kondisi di SDN Sucopangepok 5 yang jauh dari layak, di samping jumlah guru pengajar yang saat ini hanya tersisa tiga orang. “Kondisi ini sudah terjadi 2 bulan belakangan ini (setelah ada sistem SP dari Bupati Jember). Itu pun sudah termasuk kepala sekolah. Soalnya ada beberapa guru yang mutasi ke sekolah lain,” ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO