Rabu, 05 Agustus 2020 02:55

PT KAI Copot Palang Pintu Perlintasan Sebidang Jalan Nias Kota Blitar, Ini Alasannya

Rabu, 11 September 2019 13:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
PT KAI Copot Palang Pintu Perlintasan Sebidang Jalan Nias Kota Blitar, Ini Alasannya
Pembongkaran palang pintu perlintasan kereta api di Jalan Nias Kota Blitar oleh petugas PT KAI. Nanatinya beton penghalang akses mobil juga akan dicopot, apabila Dishub sudah menyiapkan alat pengaman pengganti.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - PT Kereta Api Indonesia Daop 7 Madiun akhirnya melepas palang pintu perlintasan kereta api di Jalan Nias Kota Blitar. Pelepasan ini dilakukan Rabu (11/9/2019) oleh petugas PT KAI.

Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan pelepasan ini dilakukan karena palang pintu tidak sesuai SOP PT KAI. Di mana satu petugas menjaga dua perlintasan yakni perlintasan di Jalan Sumatera dan perlintasan di Jalan Nias. Sehingga palang pintu perlintasan Jalan Nias harus segera dilepas.

"Sebelumnya, kita telah melakukan koordinasi dengan Pemda dan warga setempat. Ada tiga poin yang kami sampaikan. Pertama, sesuai arahan pimpinan dan aturan yang berlaku, satu petugas hanya melayani satu pelintasan. Kedua, patok bantalan akan dilepas beserta palang pelintasan. Kewenangan/tanggung jawab jalur perlintasan langsung (JPL) 192 diserahkan ke pemda, sehingga kewenangan untuk ditutup atau tidak akan dievaluasi dan dilaksanakan oleh pemda setempat," ungkap Ixfan, Rabu (11/9/2109).

Dengan keputusan PT KAI Daop 7 Madiun tersebut, Pemkot Blitar melalui Dishub sebenarnya telah meminta waktu. Dishub meminta waktu untuk menyiapkan perlengkapan keamanan sebelum palang pintu dilepas.

Namun, informasi terbaru yang diterima dari Kepala Dishub Kota Blitar Priyo Suhartono, PT KAI tetap melepas palang perlintasan. "Kami meminta waktu sebulan, namun PT KAI tetap akan melepas dan tidak memfungsikan palang pintu mulai Rabu 11 September hari ini," jelas Priyo.

Dengan dilepasnya palang perlintasan itu, Dishub memasang papan peringatan di lokasi. Karena evaluasi diserahkan ke Pemda, maka beton portal dan sirine tetap dipertahankan oleh Dishub. Setelah pengaman pengganti di perlintasan terpasang, Dishub baru akan melepas portal beton dan sirine tersebut.

"Kami memberi papan peringatan agar masyarakat lebih berhati-hati. Sekarang kami masih menyiapkan pengaman pengganti di perlintasan Jalan Nias. Ke depan, kalau pengaman pengganti sudah terpasang, kami juga akan melepas beton yang membatasi akses mobil lewat di lokasi," pungkas Priyo. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...