Selasa, 12 November 2019 05:18

PT KAI Copot Palang Pintu Perlintasan Sebidang Jalan Nias Kota Blitar, Ini Alasannya

Rabu, 11 September 2019 13:13 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
PT KAI Copot Palang Pintu Perlintasan Sebidang Jalan Nias Kota Blitar, Ini Alasannya
Pembongkaran palang pintu perlintasan kereta api di Jalan Nias Kota Blitar oleh petugas PT KAI. Nanatinya beton penghalang akses mobil juga akan dicopot, apabila Dishub sudah menyiapkan alat pengaman pengganti.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - PT Kereta Api Indonesia Daop 7 Madiun akhirnya melepas palang pintu perlintasan kereta api di Jalan Nias Kota Blitar. Pelepasan ini dilakukan Rabu (11/9/2019) oleh petugas PT KAI.

Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan pelepasan ini dilakukan karena palang pintu tidak sesuai SOP PT KAI. Di mana satu petugas menjaga dua perlintasan yakni perlintasan di Jalan Sumatera dan perlintasan di Jalan Nias. Sehingga palang pintu perlintasan Jalan Nias harus segera dilepas.

"Sebelumnya, kita telah melakukan koordinasi dengan Pemda dan warga setempat. Ada tiga poin yang kami sampaikan. Pertama, sesuai arahan pimpinan dan aturan yang berlaku, satu petugas hanya melayani satu pelintasan. Kedua, patok bantalan akan dilepas beserta palang pelintasan. Kewenangan/tanggung jawab jalur perlintasan langsung (JPL) 192 diserahkan ke pemda, sehingga kewenangan untuk ditutup atau tidak akan dievaluasi dan dilaksanakan oleh pemda setempat," ungkap Ixfan, Rabu (11/9/2109).

Dengan keputusan PT KAI Daop 7 Madiun tersebut, Pemkot Blitar melalui Dishub sebenarnya telah meminta waktu. Dishub meminta waktu untuk menyiapkan perlengkapan keamanan sebelum palang pintu dilepas.

Namun, informasi terbaru yang diterima dari Kepala Dishub Kota Blitar Priyo Suhartono, PT KAI tetap melepas palang perlintasan. "Kami meminta waktu sebulan, namun PT KAI tetap akan melepas dan tidak memfungsikan palang pintu mulai Rabu 11 September hari ini," jelas Priyo.

Dengan dilepasnya palang perlintasan itu, Dishub memasang papan peringatan di lokasi. Karena evaluasi diserahkan ke Pemda, maka beton portal dan sirine tetap dipertahankan oleh Dishub. Setelah pengaman pengganti di perlintasan terpasang, Dishub baru akan melepas portal beton dan sirine tersebut.

"Kami memberi papan peringatan agar masyarakat lebih berhati-hati. Sekarang kami masih menyiapkan pengaman pengganti di perlintasan Jalan Nias. Ke depan, kalau pengaman pengganti sudah terpasang, kami juga akan melepas beton yang membatasi akses mobil lewat di lokasi," pungkas Priyo. (ina/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Sabtu, 02 November 2019 09:18 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...