Pemprov DKI - Semen Indonesia Perbaiki Jalur Transjakarta

Pemprov DKI - Semen Indonesia Perbaiki Jalur Transjakarta Perbaikan jalur Bus Transjakarta di koridor 1 dengan menggunakan beton cepat kering (SpeedCrete) dengan metode Rapid Setting.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Pendawa Lestari Perkasa, anak perusahaan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (Semen Indonesia Group), melakukan perbaikan jalur Bus Transjakarta di koridor 1 dengan menggunakan beton cepat kering (SpeedCrete) dengan metode rapid setting.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Hari Nugroho dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat (6/9), mengatakan, metode rapid setting dapat meminimalkan kemacetan.

"Rapid setting menggunakan material batu agregat dan bahan aditif yang sangat khusus sehingga mampu memperbaiki jalan dengan waktu singkat dalam hitungan jam. Malam hari dikerjakan, esok hari sudah dapat digunakan, sehingga tidak mengganggu lalu lintas dan akivitas masyarakat," katanya.

Untuk tahap awal, kata dia, kontrak kerja sama SBI dengan Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta baru disepakati untuk pengerjaan perbaikan di empat koridor dari total 10 koridor yang diidentifikasi mengalami kerusakan. Salah satu dari keempat koridor tersebut di antaranya adalah koridor satu, mulai dari Blok M-Kota dan koridor tiga, dari Kalideres ke Harmoni.

"Jenis beton yang kita gunakan kualitasnya tinggi. Selain cepat keras, dia juga bisa tahan sampai 4-5 tahun. Bahkan jaminannya bisa sampai 10 tahun. Ini jauh lebih bagus dibanding (beton) yang biasa, yang sekitar1-2 tahun sudah habis (rusak), apalagi kalau sering terendam air," katanya.

Dari catatan Bina Marga, koridor 12 teridentifikasi mengalami kerusakan terpanjang, yaitu mencapai 11 kilometer dari total jalur sepanjang 400 kilometer. Sementara untuk di koridor lain jumlah kerusakan relatif beragam mulai dari 500 meter hingga dua kilometer.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO