Wagub Emil Dardak Ajak IKM, Startup, dan Generasi Milenial Manfaatkan MJC

Wagub Emil Dardak Ajak IKM, Startup, dan Generasi Milenial Manfaatkan MJC Secara aktif para peserta seminar yang terdiri dari pelaku startup bidang teknologi dan IKM di Jatim saling berdialog dengan Wagub Emil Dardak. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengajak kepada seluruh pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), Strat Up dan para Generasi Milenial di Jatim untuk bisa memanfaatkan program Milenial Job Center (MJC) yang diluncurkan Pemprov Jatim.

Dia berharap, melalui program tersebut dapat menjawab berbagai kendala yang mereka hadapi. Seperti soal pemasaran atau promosi lewat media sosial, mencari market, packaging produk, memasang iklan produk di google ads atau facebook ads, serta pembuatan website.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Seminar dan Sosialisasi “Startup” tech for 4 Industry yang diselenggarakan di Gedung Co Working Space, Jl. Pacar Surabaya, Rabu (4/9) petang.

Menurut Emil Dardak, sapaan itu bahwa dalam mengembangkan bisnis mereka di era industri 4.0, para pelaku IKM terkadang mengalami berbagai kendala. Kendala tersebut diantaranya soal pemasaran atau promosi lewat media sosial, mencari market, packaging produk, memasang iklan produk di google ads atau facebook ads, pembuatan website, serta yang lainnya. Termasuk kendala dalam hal menemukan jasa orang atau perusahaan yang bisa mengerjakannya.

"Jika menemukan pun, para pelaku IKM khawatir harganya mahal," ujarnya.

Sementara disisi lain, sebut Emil Dardak, para pelaku startup, serta generasi milenial yang berminat dan mampu mengerjakan kendala-kendala tersebut, justru kebingungan untuk mencari client. Sebab, biasanya para client menginginkan orang atau perusahaan yang sudah berpengalaman.

Untuk mengatasi kendala itu, Pemprov Jatim menghadirkan MJC dengan menyediakan ekosistem dunia kerja dan dunia usaha di era industri 4.0. Program tersebut akan menjembatani antara pencari kerja atau penyedia jasa (talent) dengan client, serta dibimbing oleh mentor berpengalaman.

Wagub Emil menyampaikan, MJC sendiri akan dihadirkan di lima Bakorwil di Jatim, yakni Madiun, Malang, Jember, Bojonegoro, dan Pamekasan. Para talent dapat memanfaatkan program tersebut untuk pengembangan kompetensi yang menekankan pada On The Job Learning dengan dibimbing oleh mentor berpengalaman.

Pria yang pernah menjadi Bupati Kab. Trenggalek ini mencontohkan, beberapa mentor tersebut adalah GoJek, Gapura Digital, Amazon Web Service, dan Google. Para mentor ini akan membimbing talent dalam mengerjakan proyek hingga mampu mandiri.

“Para talent, baik personal, atau startup, akan diberikan sebuah pekerjaan temporer, seperti proyek atau tugas berbayar dari client dunia usaha, contohnya IKM,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO