Tangani Sampah Rumah Tangga, Pemkab Pasuruan Bangun 6 TPS3R

Tangani Sampah Rumah Tangga, Pemkab Pasuruan Bangun 6 TPS3R Ilustrasi maket pembangunan TPS3R

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Permasalahan sampah rumah tangga menjadi atensi serius dari . Untuk mengatasinya, upaya yang dilakukan tak hanya sosialisasi semata, juga menyediakan sarana operasional yang dikelola oleh masing-masing Desa.

Menurut keterangan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi, saat ini sudah ada sejumlah program yang dicetuskan untuk penanganan sampah. Di antaranya program SDSB (Satu Desa Satu Bank Sampah), juga program pembangunan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle).

Untuk program TPS3R, tahun ini akan membangun lagi di 6 titik, karena mendapat bantuan anggaran dari Kementerian PU Pera. Lokasi 6 TPS3R itu yakni di Desa Sukorejo Kec Pohjentrek; Desa Wonokoyo Kecamatan Beji; Desa Sekarjoho dan Desa Bulukandang Kecamatan Prigen; Desa Sukodermo Kecamatan Purwosari; dan Desa Puspo Kecamatan Puspo.

Pengerjaan TPS3R ini tidak ditangani oleh rekanan, akan tetapi dikelola oleh masyarakat. "DLH hanya membantu tenaga pendamping untuk urusan teknis pengerjaan. Dengan melibatkan masyarakat ini diharapkan dukungan dalam program penanganan sampah lebih maksimal. Anggaran untuk pembangunan masing-masing TPS3R yakni Rp 460 juta. Nanti juga ada bantuan untuk kendaraan gerobak sampah," tuturnya.

Ia menyebut bahwa progres pengerjaan fisik pembangunan TPS3R rata-rata sudah mencapai 40 persen. (bib/par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO