Rabu, 27 Mei 2020 23:19

Pertanda Datangnya 1 Suro, Kepala Sapi Dilarung di Pantai Tambakrejo

Senin, 02 September 2019 16:08 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Pertanda Datangnya 1 Suro, Kepala Sapi Dilarung di Pantai Tambakrejo
Dua gunungan hasil bumi serta satu kepala sapi diarak di bibir Pantai Tambakrejo sebelum dilarung ke tengah laut.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ritual larung sesaji untuk menyambut datangnya 1 suro menurut penanggalan Jawa digelar di Pantai Tambakrejo, Wonotirto, Kabupaten Blitar, Senin (2/9/2019). Antusiasme warga dan masyarakat nampak dalam ritual ini. Mereka datang memadati bibir pantai. Bahkan sebelum acara berlangsung.

Berbagai sesaji yang terdiri dari dua gunungan hasil bumi serta satu kepala sapi diarak di bibir Pantai Tambakrejo. Setelah diarak, sesaji ini kemudian dinaikkan ke kapal yang akan melarungnya di tengah lautan.

"Acara larung sesaji ini sebenarnya dilakukan di semua pantai di Blitar Selatan. Namun pusatnya di Pantai Tambakrejo ini," ungkap Bupati Blitar Rijanto yang turut hadir dalam ritual tersebut.

Sementara Kepala Disporbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, larung sesaji ini merupakan tradisi yang setiap tahun digelar sebagai rasa syukur. Ini merupakan adat dan budaya yang sudah menjadi kepercayaan masyarakat Jawa secara turun temurun.

"Adat dan budaya inilah yang kita kolaborasi dengan pariwisata. Harapannya, ke depan tradisi ini bisa memantik minat wisatawan datang ke Pantai Tambakrejo," papar Suhendro Winarso.

Dia mengatakan, saat ini tradisi larung sesaji di Pantai Tambakrejo Blitar telah ditetapkan dalam warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia. Untuk itu, tradisi ini harus dilestarikan dan terus dikembangkan. Ia berharap tradisi ini bisa menjadi ikon pariwisata Kabupaten Blitar.

"Tradisi ini juga harus dilestarikan dan terus dikembangkan. Ini adalah tradisi nenek moyang kita, yang harus terus dilestarikan hingga anak cucu kita nanti," imbuhnya.

Salah seorang warga, Aji, mengatakan ia sengaja datang ke Pantai Tambakrejo untuk menyaksikan larung. "Setiap tahun selalu datang untuk melihat larung sesaji. Karena ini kan tradisi orang Jawa, jadi saya senang lihatnya," katanya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...