Malam Satu Suro, Kapolres Ngawi Pantau Langsung Kegiatan di Alas Ketonggo

Malam Satu Suro, Kapolres Ngawi Pantau Langsung Kegiatan di Alas Ketonggo Kapolres saat memantau kegiatan di Alas Ketonggo.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Alas Srigati atau yang dikenal dengan Alas Ketonggo yang terletak 12 Km arah selatan Kota Ngawi merupakan tempat bersejarah menurut legenda. Hal tersebut nampak dari keyakinan masyarakat Jawa bahwa Alas Ketonggo ini merupakan salah satu dari alas angker atau ‘wingit’ di tanah Jawa.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya situs-situs yang menjadi jujukan para peziarah yang berkunjung di wilayah alas Ketonggo. Yadiman (68), salah satu juru kunci yang ditemui BANGSAONLINE.com pada Sabtu (31/08) menjelaskan asal muasal dari alas Srigati.

"Kepercayaanya, di tempat ini terdapat kerajaan makhluk halus," jelasnya.

Ia mengatakan, Eyang Srigati adalah Priyagung, seorang begawan dari Benua Hindia yang datang ke tanah Jawa. "Beliaulah yang menurunkan Kerajaan-kerajaan di Indonesia mulai dari Pajajaran, Majapahit, Mataram dan seterusnya. Semua kisah Spiritual tertuang di Punden Srigati yang terdapat di Desa Babadan, Kec. Paron. Kab. Ngawi," tuturnya.

Pada malam satu suro seperti ini, Alas Ketonggo selalu ramai dikunjungi peziarah. Saat kesempatan tersebut, Kapolres Ngawi AKBP MB. Pranatal Hutajulu juga mengunjungi Alas Ketonggo atau Srigati untuk memantau keadaan. Ia juga melihat langsung sungai yang menjadi tempat berendam peziarah.

"Kita memantau bahwa kegiatan ini aman dan tertib. Sebab pengunjungnya kan dari luar kota. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO