Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-825 Berlangsung Meriah Dengan Nuansa Budaya Yogya

Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-825 Berlangsung Meriah Dengan Nuansa Budaya Yogya Prosesi Hari Jadi Kabupaten Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Prosesi Hari Jadi Kabupaten yang ke-825 berlangsung cukup meriah dan khidmat dengan nuansa kental dengan budaya Kesultanan Ngayogyakarto Hadiningrat, Sabtu (31/8).

Ini bisa dilihat dari barisan pawai kirab pusaka. Barisan paling awal di isi oleh pasukan Bregodo dari Ngayogyakarto Hadiningrat, disusul kemudian barisan Bupati Arifin beserta anak dan istri yang menaiki sebuah kereta kencana yang didatangkan langsung dari keraton Yogyakarta.

Barisan selanjutnya Sutradara Living Sheng dari Hollywood yang menaiki kereta kuda, disusul kemudian kereta kuda yang di naiki oleh kepala Bank Jatim. Barisan berikutnya 3 mobil pembawa pusaka, di belakangnya kereta hias yang di naiki oleh kepala BUMN, kepala SMP, SMAN dan SMKN.

Khusus 3 mobil pembawa pusaka ini diberangkatkan langsung dari tempat ditemukannya Prasasti Kamulan, yakni di Desa Kamulan Kecamatan Durenan. Sementara pasukan Bregodo diberangkatkan dari depan SMPN 5 .

Masyarakat sejak pagi sudah memadati jalur rute kirab pusaka. Kehadiran Bupati Arifin beserta istri dan anak-anaknya yang naik di atas kereta kencana disambut hangat oleh masyarakat. Berkali-kali terdengar suara dari masyarakat yang memanggil nama Bupati Arifin.

Busana yang dikenakan Bupati Arifin dan istri benar-benar merepresentasikan budaya Ngayogyakarto Hadiningrat. Begitu pun baju adat yang dikenakan oleh Forkopimda. Sementara busana yang dikenakan oleh seluruh OPD berupa busana Surjan Lorik warna biru tua.

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO