Pemerintah Jatim dan Papua Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dagang

Pemerintah Jatim dan Papua Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dagang Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan rombongan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima Gubernur , Lukas Enembe di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (27/8).

Dalam pertemuan itu, Lukas Enembe didampingi istri dan jajaran Forkopimda serta perwakilan Majelis Rakyat (MRP) juga Dewan Perwakilan Rakyat (DPRP) bersama tokoh agama.

Kunjungan itu sebagai upaya silahturahim dan meningkatkan kerja sama dagang untuk meredakan ketegangan pasca kerusuhan yang terjadi pada 16 dan 17 Agustus 2019 silam.

Pertemuan itu berlangsung guyub dan diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu khas dan makan Papeda. Gubernur Jatim dan Gubernur sepakat untuk merekatkan persahabatan antar kedua provinsi dengan meningkatkan kerja sama, khususnya dalam bidang perdagangan.

“Saling memberikan nilai tambah, produk dibawa ke Jatim dan sebaliknya,” kata Khofifah saat berbicara di depan Gubernur beserta rombongan dan Forkopimda Jatim.

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan, pasca demo yang terjadi di akibat dipicu isu rasial, Pemerintah Provinsi Jatim bersama semua pihak sudah melakukan upaya untuk mendinginkan suasana dan membangun komunikasi. Di antaranya dengan melakukan pertemuan dengan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan mahasiswa yang menempuh studi di Jawa Timur.

"Kami membangun komunikasi lebih dekat dengan baik. Dinamika yang sudah terjadi dijadikan pelajaran. Kami juga sudah sampaikan permohonan maaf karena itu adalah insiden personal dan tidak mewakili masyarakat Jatim," tambah Khofifah.

Gubernur Lukas Enembe menyambut gembira ajakan Gubernur Khofifah untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang perdagangan.

"Saya datang dengan tim, supaya mereka bisa lihat. Karena, terus terang kebutuhan logistik dari Jatim dan Makassar. Kami berharap hubungan kita makin dekat dan tolong jaga hubungan ini," kata Lukas Enembe.

Dia juga mengimbau siapa pun untuk menjaga agar tidak berbuat rasial khususnya kepada masyarakat di kemudian hari. "Tidak boleh ekses negatif sedikit pun kepada rakyat , karena bisa berbahaya," pungkas Lukas. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO