Jumat, 24 Januari 2020 06:45

Pemerintah Jatim dan Papua Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dagang

Rabu, 28 Agustus 2019 01:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Pemerintah Jatim dan Papua Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dagang
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan rombongan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (27/8).

Dalam pertemuan itu, Lukas Enembe didampingi istri dan jajaran Forkopimda Papua serta perwakilan Majelis Rakyat Papua (MRP) juga Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) bersama tokoh agama.

Kunjungan itu sebagai upaya silahturahim dan meningkatkan kerja sama dagang untuk meredakan ketegangan pasca kerusuhan yang terjadi pada 16 dan 17 Agustus 2019 silam.

Pertemuan itu berlangsung guyub dan diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu khas Papua dan makan Papeda. Gubernur Jatim dan Gubernur Papua sepakat untuk merekatkan persahabatan antar kedua provinsi dengan meningkatkan kerja sama, khususnya dalam bidang perdagangan.

“Saling memberikan nilai tambah, produk Papua dibawa ke Jatim dan sebaliknya,” kata Khofifah saat berbicara di depan Gubernur Papua beserta rombongan dan Forkopimda Jatim.

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan, pasca demo yang terjadi di Papua akibat dipicu isu rasial, Pemerintah Provinsi Jatim bersama semua pihak sudah melakukan upaya untuk mendinginkan suasana dan membangun komunikasi. Di antaranya dengan melakukan pertemuan dengan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan mahasiswa Papua yang menempuh studi di Jawa Timur.

"Kami membangun komunikasi lebih dekat dengan baik. Dinamika yang sudah terjadi dijadikan pelajaran. Kami juga sudah sampaikan permohonan maaf karena itu adalah insiden personal dan tidak mewakili masyarakat Jatim," tambah Khofifah.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyambut gembira ajakan Gubernur Khofifah untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang perdagangan.

"Saya datang dengan tim, supaya mereka bisa lihat. Karena, terus terang kebutuhan logistik Papua dari Jatim dan Makassar. Kami berharap hubungan kita makin dekat dan tolong jaga hubungan ini," kata Lukas Enembe.

Dia juga mengimbau siapa pun untuk menjaga agar tidak berbuat rasial khususnya kepada masyarakat Papua di kemudian hari. "Tidak boleh ekses negatif sedikit pun kepada rakyat Papua, karena bisa berbahaya," pungkas Lukas. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Kamis, 23 Januari 2020 12:22 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan ke...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...