Selasa, 17 September 2019 00:20

Pemerintah Jatim dan Papua Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dagang

Rabu, 28 Agustus 2019 01:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Pemerintah Jatim dan Papua Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Dagang
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan rombongan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menerima Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (27/8).

Dalam pertemuan itu, Lukas Enembe didampingi istri dan jajaran Forkopimda Papua serta perwakilan Majelis Rakyat Papua (MRP) juga Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) bersama tokoh agama.

Kunjungan itu sebagai upaya silahturahim dan meningkatkan kerja sama dagang untuk meredakan ketegangan pasca kerusuhan yang terjadi pada 16 dan 17 Agustus 2019 silam.

Pertemuan itu berlangsung guyub dan diakhiri dengan menyanyikan lagu-lagu khas Papua dan makan Papeda. Gubernur Jatim dan Gubernur Papua sepakat untuk merekatkan persahabatan antar kedua provinsi dengan meningkatkan kerja sama, khususnya dalam bidang perdagangan.

“Saling memberikan nilai tambah, produk Papua dibawa ke Jatim dan sebaliknya,” kata Khofifah saat berbicara di depan Gubernur Papua beserta rombongan dan Forkopimda Jatim.

Mantan Menteri Sosial itu menambahkan, pasca demo yang terjadi di Papua akibat dipicu isu rasial, Pemerintah Provinsi Jatim bersama semua pihak sudah melakukan upaya untuk mendinginkan suasana dan membangun komunikasi. Di antaranya dengan melakukan pertemuan dengan perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan mahasiswa Papua yang menempuh studi di Jawa Timur.

"Kami membangun komunikasi lebih dekat dengan baik. Dinamika yang sudah terjadi dijadikan pelajaran. Kami juga sudah sampaikan permohonan maaf karena itu adalah insiden personal dan tidak mewakili masyarakat Jatim," tambah Khofifah.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyambut gembira ajakan Gubernur Khofifah untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang perdagangan.

"Saya datang dengan tim, supaya mereka bisa lihat. Karena, terus terang kebutuhan logistik Papua dari Jatim dan Makassar. Kami berharap hubungan kita makin dekat dan tolong jaga hubungan ini," kata Lukas Enembe.

Dia juga mengimbau siapa pun untuk menjaga agar tidak berbuat rasial khususnya kepada masyarakat Papua di kemudian hari. "Tidak boleh ekses negatif sedikit pun kepada rakyat Papua, karena bisa berbahaya," pungkas Lukas. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...