Jelang Peringatan HUT RI, Wagub Emil Ajak Perkuat Nilai-nilai Kebangsaan

Jelang Peringatan HUT RI, Wagub Emil Ajak Perkuat Nilai-nilai Kebangsaan Wagub Emil menghadiri Kirab Budaya dan Pemasangan Bendera Merah Putih super Akbar di Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), Kamis (15/8). foto : ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengajak kepada seluruh masyarakat Jatim untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Ini karena nilai-nilai tersebut dinilai kerap mendapat ujian di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi.

"Kondisi global mengalami banyak perkembangan hari ini, nilai-nilai kebangsaan kita harus diperkuat, karena kerap kali diuji. Dimana ada perbedaan-perbedaan pandangan yang berpotensi untuk menciptakan perpecahan,” kata Wagub Emil usai menghadiri Kirab Budaya dan Pemasangan Bendera Merah Putih super Akbar di Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), Kamis (15/8).

Wagub Emil mengatakan, kini saatnya seluruh masyarakat harus fokus untuk memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Salah satu upayanya adalah dengan menerima dan menghargai adanya perbedaan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, serta bahu-membahu untuk membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju.

“Ini saatnya kita harus fokus, karena tantangan global semakin berat, jangan terfokus perhatiannya justru untuk hal-hal yang tidak membawa bangsa kita lebih maju,” katanya.

Upaya lainnya, imbuh Emil, adalah dengan menghargai perjuangan para pahlawan, serta kembali mempelajari sejarah, bahwa Indonesia didirikan di atas kemajemukan. Yang kemudian dipersatukan oleh nilai-nilai kebangsaan yang dituangkan dalam Pancasila, UUD 1945, guna mewujudkan NKRI dan menghargai Kebhineka Tunggal Ika.

“Jadi mari kita instropeksi pada diri sendiri, bahwa masih banyak masalah yang fundamental di tengah-tengah bangsa kita. Itulah tugas kita untuk mencarikan solusinya, karena yang menentukan nasib bangsa kita bukan orang lain, tapi kita sendiri,” tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO