Dinkes Pasuruan Naikkan Honor Perawat dan Dokter Ponkesdes

Dinkes Pasuruan Naikkan Honor Perawat dan Dokter Ponkesdes Rapat Dinkes dengan Banggar DPRD Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mendukung produktivitas kerja para perawat yang ada di Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, pada tahun 2020 mengusulkan tambahan honor.

Saat ini ada 85 orang perawat Ponkesdes yang tersebar di beberapa Kecamatan. Mereka masing-masing menerima honor Rp 1,95 juta per bulan. Rinciannya, dari APBD Kabupaten Pasuruan Rp 500,000 ribu rupiah, dan APBD Provinsi sebesar Rp 1,450.000.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Agung Basuki pada BANGSAONLINE.com menjelaskan bahwa para perawat yang bertugas di Ponkesdes rata-rata belum PNS dan sudah mengabdi puluhan tahun. "Makanya pada tahun 2020 akan menambah honor mereka masing-masing Rp 500 ribu rupiah," tuturnya.

"Rencananya  menambahkan sebesar Rp 500 ribu, sehingga nanti honor yang diterima per bulan menjadi Rp 2,450.000 juta," tuturnya.

Selain perawat, 5 dokter yang bertugas di Ponkesdes di Kabupaten Pasuruan juga akan mendapat kenaikan honor. Nilai kenaikan disamakan, yakni Rp 500 ribu. Untuk saat ini honor dokter yang bertugas di Ponkesdes sebesar Rp 2,5 juta per bulan.

"Rencananya, kenaikan itu akan direalisasikan pada tahun depan. Rencana kenaikkan honor bagi para para perawat di Ponkesdes sebagai upaya perhatian pemerintah kepada mereka, mengingat beban kerja tugas yang dihadapi cukup berat, sedangkan penghasilan yang didapat dinilai kurang ideal," pungkasnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO