Rabu, 27 Mei 2020 09:21

Kejari Bangkalan Sayangkan Pihak Rutan Perbolehkan Tamu Besuk Tahanan Tanpa Izin

Kamis, 08 Agustus 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Kejari Bangkalan Sayangkan Pihak Rutan Perbolehkan Tamu Besuk Tahanan Tanpa Izin
Mohammad Iqbal Kasi Pidsus Kejaksaan Negari Bangkalan (kiri) dan Pradana Kasubsi Rumah Tahanan Bangkalan, ketika menjelaskan kepada media di kantor masing-masing.

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Kasi Pidsus Kejaksaan Negari (Kejari) Bangkalan M. Iqbal menyayangkan Rutan Bangkalan yang membiarkan tamu masuk (kunjungan tahanan) tanpa izin terhadap titipan tahanan tindak pidana korupsi (tipikor) Mulyanto Dahlan dan Syamsul Arifin.

"Saya mengingatkan kepada Rutan Bangkalan untuk mengurus izin bagi para pembesuk atau yang mau mengunjungi untuk mengurus izin dulu ke Kejaksaan," tutur Iqbal.

Sementara Kepala Subsi Pelayanan Rutan Bangkalan Pradana membenarkan bahwa selama ini banyak tamu yang mengunjungi titipan tahanan Kejaksaan Mulyanto Dahlan dan Syamsil Aripin.

"Setiap hari banyak yang mengunjungi Mulyanto Dahlan dan Syamsul Aripin. Hampir puluhan pengunjung yang membesuk dia setiap hari, dan memang tidak ada izin atau tidak meminta surat izin ke Kejaksaan," ujar Pradana.

Ia menuturkan, yang mengunjungi mulai dari keluarga, kerabat, teman bahkan dari staf-stafnya. "Tapi perlu dipahami, bukan hanya kepada berdua, semua titipan tahanan tidak pernah izin kepada yang menitipkan," tuturnya.

Pradana menjelaskan, memang sebelumnya pihaknya melakukan proses meminta izin terlebih dahulu kepada yang menitipkan tahanan. Baik dari tahanan Polres, Polsek, Pengadilan, dan Kejaksaan. "Tapi proses tersebut akhirnya tidak berjalan, karena para pengunjung merasa ribet dan bertele-tele bahkan menghambat para pengunjung, karena harus bolak balik ke sana-ke mari. Iya kalau yang bersangkutan yang berwenang memberikan izin kalau di tempat, apalagi bagi yang dari Polsek yang jaraknya jauh," jelasnya.

Di sisi lain, pihaknya dituntut untuk memberikan layanan prima dan terbaik. "Selama posedur kunjungan benar dan tidak ada masalah, kukira tidak apa-apa. Dan ini berlaku bagi semua tahanan di Rumah Tahanan (rutan) Negara Kelas II B Bangkalan," tegasnya.

Sebenarnya, Pimpinan Rutan Kelas II B Bangkalan yang baru akan mengaktifkan lagi terkait prosedur surat izin kunjungan tersebut. "Rutan merespons baik keinginan Kejaksaan. Nanti kita koordinasi dengan pimpinan untuk menikdaklanjuti keinginan dari pihak Kejaksaan," tutupnya. (uzi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...