Minggu, 18 Agustus 2019 04:41

Kejari Bangkalan Sayangkan Pihak Rutan Perbolehkan Tamu Besuk Tahanan Tanpa Izin

Kamis, 08 Agustus 2019 20:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Kejari Bangkalan Sayangkan Pihak Rutan Perbolehkan Tamu Besuk Tahanan Tanpa Izin
Mohammad Iqbal Kasi Pidsus Kejaksaan Negari Bangkalan (kiri) dan Pradana Kasubsi Rumah Tahanan Bangkalan, ketika menjelaskan kepada media di kantor masing-masing.

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Kasi Pidsus Kejaksaan Negari (Kejari) Bangkalan M. Iqbal menyayangkan Rutan Bangkalan yang membiarkan tamu masuk (kunjungan tahanan) tanpa izin terhadap titipan tahanan tindak pidana korupsi (tipikor) Mulyanto Dahlan dan Syamsul Arifin.

"Saya mengingatkan kepada Rutan Bangkalan untuk mengurus izin bagi para pembesuk atau yang mau mengunjungi untuk mengurus izin dulu ke Kejaksaan," tutur Iqbal.

Sementara Kepala Subsi Pelayanan Rutan Bangkalan Pradana membenarkan bahwa selama ini banyak tamu yang mengunjungi titipan tahanan Kejaksaan Mulyanto Dahlan dan Syamsil Aripin.

"Setiap hari banyak yang mengunjungi Mulyanto Dahlan dan Syamsul Aripin. Hampir puluhan pengunjung yang membesuk dia setiap hari, dan memang tidak ada izin atau tidak meminta surat izin ke Kejaksaan," ujar Pradana.

Ia menuturkan, yang mengunjungi mulai dari keluarga, kerabat, teman bahkan dari staf-stafnya. "Tapi perlu dipahami, bukan hanya kepada berdua, semua titipan tahanan tidak pernah izin kepada yang menitipkan," tuturnya.

Pradana menjelaskan, memang sebelumnya pihaknya melakukan proses meminta izin terlebih dahulu kepada yang menitipkan tahanan. Baik dari tahanan Polres, Polsek, Pengadilan, dan Kejaksaan. "Tapi proses tersebut akhirnya tidak berjalan, karena para pengunjung merasa ribet dan bertele-tele bahkan menghambat para pengunjung, karena harus bolak balik ke sana-ke mari. Iya kalau yang bersangkutan yang berwenang memberikan izin kalau di tempat, apalagi bagi yang dari Polsek yang jaraknya jauh," jelasnya.

Di sisi lain, pihaknya dituntut untuk memberikan layanan prima dan terbaik. "Selama posedur kunjungan benar dan tidak ada masalah, kukira tidak apa-apa. Dan ini berlaku bagi semua tahanan di Rumah Tahanan (rutan) Negara Kelas II B Bangkalan," tegasnya.

Sebenarnya, Pimpinan Rutan Kelas II B Bangkalan yang baru akan mengaktifkan lagi terkait prosedur surat izin kunjungan tersebut. "Rutan merespons baik keinginan Kejaksaan. Nanti kita koordinasi dengan pimpinan untuk menikdaklanjuti keinginan dari pihak Kejaksaan," tutupnya. (uzi/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...