Calon Arsitek ITB Belajar Tata Kota ke Wali Kota Risma

Calon Arsitek ITB Belajar Tata Kota ke Wali Kota Risma 80 mahasiswa ITB foto bersama Risma di Balai Kota Surabaya, Jumat (2/8/2019).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 80 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan calon arsitek berkunjung ke Balai Kota Surabaya, Jumat (2/8/2019). Mereka belajar tata kota kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang merupakan arsitek dan sudah berhasil menata kota Surabaya hingga semakin dikenal dunia.

Pada kesempatan itu, Risma mengatakan kota ini bukan kata benda yang tidak bisa diatur seenaknya saja. Sebab, di dalam kota ini ada manusia yang miskin dan kaya, hitam dan putih, besar dan kecil. Sehingga tidak mudah memang mendesain suatu kota. Tapi kalau sudah niatnya dari awal baik, maka akan dimudahkan.

“Jadi, saya selalu sampaikan bahwa semuanya harus berpijak pada aturan dan semua proses yang dilalui harus sesuai aturan, itu yang selalu saya tekankan,” kata Risma mengawali paparannya.

Ia mencontohkan salah satunya program Musrembang yang mana semua masyarakat berhak mengusulkan pembangunan di sekitarnya masing-masing. Namun, dari usulan itu kemudian didiskusikan apakah usulan itu realistis atau tidak, manfaatnya bagi masyarakat bagaimana dan hal-hal lainnya yang harus didiskusikan secara komprehensif.

“Jadi, semua yang dilakukan itu selalu terkonsep dengan matang dan harus selalu dirancang untuk membuat hal itu bisa berjalan dengan baik. Itulah yang dilakukan selama ini di Kota Surabaya,” tegasnya.

Menurut Risma, yang harus diperhatikan pula adalah manajemen dari suatu proyek yang akan dirancang itu, termasuk diatur pula operasional dari proyek tersebut. Ia mencontohkan ketika membangun sekolah-sekolah di Kota Surabaya. Saat ini, toiletnya saja diperhatikan dengan membangun toilet seperti layaknya toilet bandara.

“Hal ini penting untuk mengajarkan kepada anak-anak supaya tahu kondisi di luar sana, sehingga dia tidak kaget kalau nanti akan ke toilet di bandara atau fasilitas umum lainnya,” ujarnya.

Selain itu, sekolah itu juga dilengkapi laboratorium, lapangan olahraga, LCD dan berbagai fasilias lainnya. Bahkan, ia juga memikirkan tentang petugas kebersihan dan petugas keamanan yang akan menjaga sekolah tersebut, sehingga apabila sudah selesai sekolahnya, tidak lagi kebingungan operasionalnya. “Jadi, semuanya dihitung operasionalnya,” imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO