Sabtu, 21 September 2019 10:49

Meski Kalah Dalam Konferwil Ansor, Gus Abid Siap Bersinergi Dengan Gus Syafiq

Rabu, 31 Juli 2019 01:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Meski Kalah Dalam Konferwil Ansor, Gus Abid Siap Bersinergi Dengan Gus Syafiq
Gus Abid (tengah) dan Gus Syafik (paling kanan) berikrar siap menang dan siap kalah di hadapan Ketua Umum GP Ansor dan Ketua PWNU Jatim di lokasi Konferwil XIV GP Ansor Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ajang Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur telah usai, Ahad (28/7). Dalam konferwil itu Syafiq Syauqi (Ponpes Tambak Beras) terpilih sebagai Ketua setelah berhasil mengungguli rival beratnya Moh Abid Umar Faruq (Ponpes Al Falah, Ploso).

Dinamika yang tinggi dalam Konferwil XIV GP Ansor Jatim yang berlangsung di Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang sempat menimbulkan kekhawatiran gesekan antara dua kubu yang bersaing ketat.

Sebab, meski Konferwil diikuti tiga calon, tapi dukungan mengerucut pada dua kandidat yakni Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) dan Syafiq Syauqi (Gus Syafiq). Sementara Ahmad Ghufron Siradj dukungannya tidak signifikan.

Gus Abid mengakui ketatnya kontestasi antara dirinya dengan Gus Syafiq. Tapi persaingan telah selesai seiring ditutupnya Konferwil. Karena itu ia mengucapkan selamat atas terpilihnya Gus Syafiq sebagai Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jatim. Pihaknya berharap Ansor di Jatim lebih berkembang di bawah kepemimpinan Gus Syafiq.

"Konferwil sudah selesai, saya ucapkan selamat kepada Gus Syafiq. Ini sesuai komitmen awal para kandidat yang siap menang dan siap kalah. Selanjutnya, saya siap bersinergis dengan ketua terpilih," tutur Gus Abid, Selasa (30/7).

Gus Abid mengakui, tensi kompetisi dalam konferwil lalu sangat tinggi. Tapi di lokasi konferwil tidak ada satu pun kursi melayang, apalagi adu fisik. Hanya ada adu yel-yel dukungan antar pendukung. Sehingga relatif Konferwil berlangsung kondusif.

Menurutnya, situasi kondusif itu terjadi karena faktor kharismatik Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah. Karena itu, tak ada satu pun peserta Konferwil yang berani bertindak kurang ajar. Selain itu, peserta Konferwil juga mematuhi instruksi Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) agar peserta berkonferwil dengan santun.

"Gus Yaqut mengingatkan kalau Ansor Jatim adalah barometer Ansor dunia. Karena itu, tak boleh ada tindakan yang tidak pantas dalam Konferwil. Apalagi sampai kontak fisik. Dan nyatanya, semua kader mematuhi pesan ketua umum. Ini menandakan kader Ansor di Jatim semakin dewasa," urai cucu KH. Zainuddin Djazuli tersebut.

Pemuda 30 tahun yang 6 bulan belakangan ini memimpin PW GP Ansor Jatim tersebut mengungkapkan, seluruh Ketua Pimpinan Cabang (PC) dan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang mendukungnya saat Konferwil juga sudah legowo menerima hasil Konferwil. Sehingga Ansor di Jatim tetap solid, tidak ada perpecahan pasca Konferwil.

"Sebab prinsipnya, siapa pun yang memimpin Ansor Jatim akan menghadapi tantangan organisasi yang besar. Karena itu harus didukung bersama. Apalagi tantangan Ansor di Jatim sangat kompleks. Mengingat besarnya organisasi ini yang terbentang mulai Banyuwangi sampai Sumenep hingga Masalembu," tuturnya.

"Pasca penutupan Konferwil, seluruh Ketua PC pendukung saya, sudah saya kumpulkan. Kita sudah menerima hasil Konferwil. Selanjutnya kita siap rekonsiliasi dan bersinergis dengan pihak pemenang. Sebab prinsipnya di Ansor ini untuk berlomba-lomba dalam kebajikan, bukan mengejar jabatan," pungkas pengajar kitab Riyadhul Badi'ah di Ponpes Al Falah, Ploso itu. (mdr/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...