Minggu, 23 Februari 2020 21:38

Meski Kalah Dalam Konferwil Ansor, Gus Abid Siap Bersinergi Dengan Gus Syafiq

Rabu, 31 Juli 2019 01:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Meski Kalah Dalam Konferwil Ansor, Gus Abid Siap Bersinergi Dengan Gus Syafiq
Gus Abid (tengah) dan Gus Syafik (paling kanan) berikrar siap menang dan siap kalah di hadapan Ketua Umum GP Ansor dan Ketua PWNU Jatim di lokasi Konferwil XIV GP Ansor Jatim. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ajang Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Timur telah usai, Ahad (28/7). Dalam konferwil itu Syafiq Syauqi (Ponpes Tambak Beras) terpilih sebagai Ketua setelah berhasil mengungguli rival beratnya Moh Abid Umar Faruq (Ponpes Al Falah, Ploso).

Dinamika yang tinggi dalam Konferwil XIV GP Ansor Jatim yang berlangsung di Ponpes Sabilurrosyad, Gasek, Kota Malang sempat menimbulkan kekhawatiran gesekan antara dua kubu yang bersaing ketat.

Sebab, meski Konferwil diikuti tiga calon, tapi dukungan mengerucut pada dua kandidat yakni Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) dan Syafiq Syauqi (Gus Syafiq). Sementara Ahmad Ghufron Siradj dukungannya tidak signifikan.

Gus Abid mengakui ketatnya kontestasi antara dirinya dengan Gus Syafiq. Tapi persaingan telah selesai seiring ditutupnya Konferwil. Karena itu ia mengucapkan selamat atas terpilihnya Gus Syafiq sebagai Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jatim. Pihaknya berharap Ansor di Jatim lebih berkembang di bawah kepemimpinan Gus Syafiq.

"Konferwil sudah selesai, saya ucapkan selamat kepada Gus Syafiq. Ini sesuai komitmen awal para kandidat yang siap menang dan siap kalah. Selanjutnya, saya siap bersinergis dengan ketua terpilih," tutur Gus Abid, Selasa (30/7).

Gus Abid mengakui, tensi kompetisi dalam konferwil lalu sangat tinggi. Tapi di lokasi konferwil tidak ada satu pun kursi melayang, apalagi adu fisik. Hanya ada adu yel-yel dukungan antar pendukung. Sehingga relatif Konferwil berlangsung kondusif.

Menurutnya, situasi kondusif itu terjadi karena faktor kharismatik Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar yang sekaligus bertindak sebagai tuan rumah. Karena itu, tak ada satu pun peserta Konferwil yang berani bertindak kurang ajar. Selain itu, peserta Konferwil juga mematuhi instruksi Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) agar peserta berkonferwil dengan santun.

"Gus Yaqut mengingatkan kalau Ansor Jatim adalah barometer Ansor dunia. Karena itu, tak boleh ada tindakan yang tidak pantas dalam Konferwil. Apalagi sampai kontak fisik. Dan nyatanya, semua kader mematuhi pesan ketua umum. Ini menandakan kader Ansor di Jatim semakin dewasa," urai cucu KH. Zainuddin Djazuli tersebut.

Pemuda 30 tahun yang 6 bulan belakangan ini memimpin PW GP Ansor Jatim tersebut mengungkapkan, seluruh Ketua Pimpinan Cabang (PC) dan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang mendukungnya saat Konferwil juga sudah legowo menerima hasil Konferwil. Sehingga Ansor di Jatim tetap solid, tidak ada perpecahan pasca Konferwil.

"Sebab prinsipnya, siapa pun yang memimpin Ansor Jatim akan menghadapi tantangan organisasi yang besar. Karena itu harus didukung bersama. Apalagi tantangan Ansor di Jatim sangat kompleks. Mengingat besarnya organisasi ini yang terbentang mulai Banyuwangi sampai Sumenep hingga Masalembu," tuturnya.

"Pasca penutupan Konferwil, seluruh Ketua PC pendukung saya, sudah saya kumpulkan. Kita sudah menerima hasil Konferwil. Selanjutnya kita siap rekonsiliasi dan bersinergis dengan pihak pemenang. Sebab prinsipnya di Ansor ini untuk berlomba-lomba dalam kebajikan, bukan mengejar jabatan," pungkas pengajar kitab Riyadhul Badi'ah di Ponpes Al Falah, Ploso itu. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...