Kamis, 27 Februari 2020 17:00

Pemkab Sumenep Gelar Diklat MTQ Tahun 2019

Senin, 29 Juli 2019 23:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Pemkab Sumenep Gelar Diklat MTQ Tahun 2019
Bupati Sumenep membuka diklat MTQ di salah satu hotel, Senin (29/07/2019).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka membangun dan membudayakan nuansa qur’ani di Kabupaten Sumenep, Pemerintah setempat melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) menggelar Pelatihan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Ini bagian pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk membudayakan, mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

“Inilah yang akan melahirkan kaderisasi yang mengamalkan Al-Qur’an,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si di sela-sela pembukaan Diklat MTQ di salah satu Hotel, Senin (29/07/2019).

Peserta Diklat MTQ kata bupati, setelah mengikuti pelatihan, memperdalam Al-Qur’an agar nantinya bisa mengembangkan dan menularkan ilmunya kepada masyarakat di lingkungannya.

“Diharapkan para peserta setelah pelatihan ini menjadi ustadz dan ustadzah yang berhubungan dengan Al-Qur'an untuk ikut serta membangun daerah melalui sosial keagamaan,” katanya.

Dimulainya pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan MTQ ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati kepada perwakilan peserta diklat.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep, Kamiluddin mengatakan Diklat itu juga untuk menjaring peserta terbaik sebagai kafilah Kabupaten Sumenep, untuk mengikuti kegiatan MTQ Provinsi Jawa Timur pada Bulan Oktober hingga November tahun ini.

“Jumlah peserta Diklat itu sebanyak 60 orang dipilih sebanyak 40 peserta terbaik sebagai Kafilah Kabupaten Sumenep di MTQ Jawa Timur tahun ini,” ungkapnya.

Pelaksanaan Diklat, imbuhnya, selama 6 hari efektif sejak 29 Juli hingga 03 Agustus 2019. Selama mengikuti diklat, para peserta MTQ akan diasramakan.

“Kami berharap kafilah itu mampu mengharumkan Kabupaten Sumenep di MTQ Provinsi Jawa Timur 2019, seperti pelaksanaan MTQ sebelumnya sebagai Juara 1 pada Cabang Hifdzil Qur’an 30 juz, Juara 2 untuk 20 juz dan Juara 2 pada Cabang MMIQ,” pungkasnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...