Jumat, 20 September 2019 05:05

Pemkab Sumenep Gelar Diklat MTQ Tahun 2019

Senin, 29 Juli 2019 23:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Pemkab Sumenep Gelar Diklat MTQ Tahun 2019
Bupati Sumenep membuka diklat MTQ di salah satu hotel, Senin (29/07/2019).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka membangun dan membudayakan nuansa qur’ani di Kabupaten Sumenep, Pemerintah setempat melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) menggelar Pelatihan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Ini bagian pemerintah daerah mendorong masyarakat untuk membudayakan, mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

“Inilah yang akan melahirkan kaderisasi yang mengamalkan Al-Qur’an,” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si di sela-sela pembukaan Diklat MTQ di salah satu Hotel, Senin (29/07/2019).

Peserta Diklat MTQ kata bupati, setelah mengikuti pelatihan, memperdalam Al-Qur’an agar nantinya bisa mengembangkan dan menularkan ilmunya kepada masyarakat di lingkungannya.

“Diharapkan para peserta setelah pelatihan ini menjadi ustadz dan ustadzah yang berhubungan dengan Al-Qur'an untuk ikut serta membangun daerah melalui sosial keagamaan,” katanya.

Dimulainya pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan MTQ ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati kepada perwakilan peserta diklat.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep, Kamiluddin mengatakan Diklat itu juga untuk menjaring peserta terbaik sebagai kafilah Kabupaten Sumenep, untuk mengikuti kegiatan MTQ Provinsi Jawa Timur pada Bulan Oktober hingga November tahun ini.

“Jumlah peserta Diklat itu sebanyak 60 orang dipilih sebanyak 40 peserta terbaik sebagai Kafilah Kabupaten Sumenep di MTQ Jawa Timur tahun ini,” ungkapnya.

Pelaksanaan Diklat, imbuhnya, selama 6 hari efektif sejak 29 Juli hingga 03 Agustus 2019. Selama mengikuti diklat, para peserta MTQ akan diasramakan.

“Kami berharap kafilah itu mampu mengharumkan Kabupaten Sumenep di MTQ Provinsi Jawa Timur 2019, seperti pelaksanaan MTQ sebelumnya sebagai Juara 1 pada Cabang Hifdzil Qur’an 30 juz, Juara 2 untuk 20 juz dan Juara 2 pada Cabang MMIQ,” pungkasnya. (aln/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...