Pemprov Jawa Timur Terima 3 Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019

Pemprov Jawa Timur Terima 3 Penghargaan Indonesia Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan pada acara Indonesia's Attractiveness Award 2019 di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (23/7).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jatim kembali menorehkan penghargaan prestisius. Kali ini memborong tiga penghargaan Indonesia's Attractiveness Award (AIA) 2019. Tiga kategori penghargaan tersebut adalah kategori AIA 2019 Gold Provinsi Besar Terbaik Sektor Infrastruktur, kategori AIA 2019 Platinum sebagai Provinsi Besar sektor Pariwisata dan Pelayanan Publik. Penghargaan diterima Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada acara Indonesia's Attractiveness Award 2019 di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (23/7).

Selain itu, AIA 2019 Platinum juga diborong dua kabupaten kota di Jatim yaitu Kab. Banyuwangj sebagai Kabupaten besar terbaik sektor Pariwisata dan Infrastruktur. Kemudian Kota Surabaya meraih AIA 2019 Platinum kategori Kota Besar sektor Pariwisatan dan Infrastruktur. Sementara Kota Batu menerima Platinum sektor pariwisata kategori kota kecil.

Penghargaan tahun ini, dinilai berdasarkan daya tarik terbaik yang mengacu kepada empat kategori, meliputi investasi, pelayanan publik, infrastruktur, dan pariwisata. Riset melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik, dan pariwisata untuk semua tingkat kabupaten dan kota serta provinsi di seluruh Indonesia.

Disebutkan, bahwa setelah melewati tahap penyaringan dan pengholahan data, juga melakukan survei, serta verifikasi data hingga tahap terakhir, yaitu presentasi di hadapan tim penilai yang melibatkan berbagai kalangan mulai akademisi, praktisi, pemerintahan, dan media yang telah dilaksanakan pada tanggal 24-28 Juni 2019 terhadap 56 nominator kabupaten, kota, dan provinsi. Hasilnya, Tim Penilai memutuskan untuk memberikan penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019 kepada sebagai satu-satunya provinsi yang mendapatkan kategori satu gold dan dua platinum AIA 2019.

Pada kesempatan tersebut Direktur Tempo, Toriq Hadad menuturkan acara ini diselenggarakan sejak Tahun 2015. Penyelenggaraan ke-5 tahun ini. AIA selalu mendapatkan sambutan baik dari kepala daerah. Khusus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa program dan langkah-langkahnya mempercepat pembangunan di Jawa Timur sangat diapresiasi.

Selain itu, penyelenggaraan ini secara umum mengapresiasi juga pembangunan desa sebagai bagian dari pembangunan daerah berdampak nasional. Kriteria diterapkan seperti infrastruktur, pelayanan publik, investasi dan pariwisata.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO