Kamis, 09 Juli 2020 18:12

Masyarakat Puas, Polresta Sidoarjo Kembali Raih Penghargaan Top 99

Jumat, 19 Juli 2019 19:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Masyarakat Puas, Polresta Sidoarjo Kembali Raih Penghargaan Top 99
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Inovasi pelayanan publik Polresta Sidoarjo, yakni SKCK Online dan SKCK Keliling Online, berhasil meraih penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dalam acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 "Untuk Indonesia Maju", Kamis (18/07/2019) malam di Ballroom Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah.

Melalui pengurusan penerbitan SKCK secara online, masyarakat kian dipermudah dalam mekanisme pengurusan. Birokrasi berhasil dipangkas, sehingga waktu yang dibutuhkan lebih singkat 10 menit. Pelayanan lebih mudah karena sistem pelayanannya sudah berbasis IT menggunakan layanan berbasis web dan mobile. 

Pembayarannya dilakukan secara non tunai bekerja sama dengan lembaga perbankan sehingga dapat menghilangkan terjadinya penyimpangan (pungli). Sentra pelayanannya tidak hanya berada di Polres dan Polsek saja namun juga di Mall Pelayanan Publik dan Pelayanan Publik Terpadu. Pelayanan ini didukung mobil operasional SKCK Keliling Online yang dapat melayani dan menjangkau masyarakat di pelosok perdesaan maupun titik-titik keramaian di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo. 

Database catatan kriminal juga sudah terhubung dan terintegrasi dengan Pengadilan Negeri setempat sehingga datanya lebih akurat. Tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani juga dapat diketahui secara realtime melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) online yang ada.

Melalui berbagai terobosan tersebut, Polresta Sidoarjo layak mendapatkan kembali penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 setelah pada tahun sebelumnya 2018 di Surabaya juga menerima penghargaan yang sama. Keberhasilan ini tidak mudah diraih karena harus bersaing dengan 3.156 layanan publik yang mendaftar dan diseleksi oleh Tim Panel Independen yang diketuai oleh Prof Dr JB Kristiadi.

Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 tersebut, diserahkan oleh Menpan RB Syafruddin kepada Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Toni Harmanto, dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain SKCK Online dan SKCK Keliling Online, Polres Banyuwangi dan Polda Jatim juga berhasil meraih penghargaan yang sama melalui BARISAN SIAP.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 kemarin malam (Kamis, 18/07/2019) berterima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi dan dukungan terhadap inovasi layanan publik SKCK Online dan SKCK Keliling Online yang telah dilakukan Polresta Sidoarjo.

"Diterimanya kembali penghargaan ini sebagai bukti kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada kami di Polresta Sidoarjo, sehingga semakin memacu kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik," kata lulusan Akpol 1997 ini. (cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...