Selasa, 15 Oktober 2019 09:31

Masyarakat Puas, Polresta Sidoarjo Kembali Raih Penghargaan Top 99

Jumat, 19 Juli 2019 19:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Masyarakat Puas, Polresta Sidoarjo Kembali Raih Penghargaan Top 99
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Inovasi pelayanan publik Polresta Sidoarjo, yakni SKCK Online dan SKCK Keliling Online, berhasil meraih penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), dalam acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 "Untuk Indonesia Maju", Kamis (18/07/2019) malam di Ballroom Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah.

Melalui pengurusan penerbitan SKCK secara online, masyarakat kian dipermudah dalam mekanisme pengurusan. Birokrasi berhasil dipangkas, sehingga waktu yang dibutuhkan lebih singkat 10 menit. Pelayanan lebih mudah karena sistem pelayanannya sudah berbasis IT menggunakan layanan berbasis web dan mobile. 

Pembayarannya dilakukan secara non tunai bekerja sama dengan lembaga perbankan sehingga dapat menghilangkan terjadinya penyimpangan (pungli). Sentra pelayanannya tidak hanya berada di Polres dan Polsek saja namun juga di Mall Pelayanan Publik dan Pelayanan Publik Terpadu. Pelayanan ini didukung mobil operasional SKCK Keliling Online yang dapat melayani dan menjangkau masyarakat di pelosok perdesaan maupun titik-titik keramaian di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo. 

Database catatan kriminal juga sudah terhubung dan terintegrasi dengan Pengadilan Negeri setempat sehingga datanya lebih akurat. Tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani juga dapat diketahui secara realtime melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) online yang ada.

Melalui berbagai terobosan tersebut, Polresta Sidoarjo layak mendapatkan kembali penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 setelah pada tahun sebelumnya 2018 di Surabaya juga menerima penghargaan yang sama. Keberhasilan ini tidak mudah diraih karena harus bersaing dengan 3.156 layanan publik yang mendaftar dan diseleksi oleh Tim Panel Independen yang diketuai oleh Prof Dr JB Kristiadi.

Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 tersebut, diserahkan oleh Menpan RB Syafruddin kepada Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Toni Harmanto, dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain SKCK Online dan SKCK Keliling Online, Polres Banyuwangi dan Polda Jatim juga berhasil meraih penghargaan yang sama melalui BARISAN SIAP.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho yang menerima penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 kemarin malam (Kamis, 18/07/2019) berterima kasih sebesar-besarnya atas apresiasi dan dukungan terhadap inovasi layanan publik SKCK Online dan SKCK Keliling Online yang telah dilakukan Polresta Sidoarjo.

"Diterimanya kembali penghargaan ini sebagai bukti kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada kami di Polresta Sidoarjo, sehingga semakin memacu kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik," kata lulusan Akpol 1997 ini. (cat/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...