Kamis, 22 Agustus 2019 19:26

Pemkab Gresik Raih Penghargaan Pastika Prama dari Menkes RI

Kamis, 11 Juli 2019 18:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemkab Gresik Raih Penghargaan Pastika Prama dari Menkes RI
Wabup Qosim saat menerima penghargaan dari Menkes RI Nila Farid Moeloek. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wabup Gresik Moh. Qosim menerima penghargaan berupa Pastika Parama yang merupakan penghargaan tertinggi di level nasional dari Menkes RI Nila Farid Moeloek pada puncak Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang berlangsung di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (11/7).

Pada puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2019 di Jakarta, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) atas langkah dan upaya dalam menetapkan Kawasan Tanpa Rokok sekaligus telah menerapkannya.

Selain Gresik, terdapat 5 Provinsi dan 29 kabupaten/kota penerima Pastika Parama. Dan di Jawa Timur hanya ada Kabupaten Gresik, Kabupaten Ngawi, Kota Mojokerto, serta Kota Surabaya.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim mengaku bersyukur atas penerimaan penghargaan tersebut. "Alhamdulillah, Pemkab Gresik diapresiasi dan diberikan penghargaan oleh Kemenkes RI berupa penghargaan Pastika Parama," ujar Wabup didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik dr. Endang Poespitowati.

Wabup menjelaskan, Gresik dinilai mumpuni dalam menetapkan dan juga mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok dan kebijakan pengendalian konsumsi tembakau untuk membiasakan hidup sehat bagi masyarakatnya.

"Pak Bupati Gresik beserta jajaran di pemerintah kabupaten Gresik memang memiliki komitmen kuat, sehingga dibentuklah Perda terkait dengan Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Rokok. Apalagi saya dan Pak Bupati sama-sama tidak merokok. Kebiasaan ini yang kami contohkan kepada siapapun," katanya..

Perda yang diterapkan di Kabupaten Gresik adalah Perda Nomor 4 tahun 2015, tentang kawasan tanpa rokok dan kawasan terbatas rokok. Kemudian, diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40 tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan perda.

"Pencapaian yang diterima Pemkab Gresik pun tak terlepas dari bimbingan Bapak Bupati, kolaborasi OPD (Organisadi Perangkat Daerah), dan dukungan dari masyarakat Gresik," jelasnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr. Endang Poespitowati mengungkapkan, bahwa pelaksanaan terhadap implementasi Perda KTR tersebut meliputi sosialisasi ke institusi pemerintah dan sekolah, pembentukan tim pemantau Perda dan advokasi ke pemangku kebijakan baik dari instansi pemerintah maupun sekolah untuk implementasi Kawasan Tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Rokok.

"Mudah-mudahan dengan adanya upaya pemerintah yang peduli terhadap kesehatan dengan menerapkan Perda KTR ini dapat meminimalisir dampak penyakit yang ditimbulkan dari rokok," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...