Lukman Edy Sebut Khofifah dan Karding Cs Layak Jadi Ketum PKB Gantikan Cak Imin

Lukman Edy Sebut Khofifah dan Karding Cs Layak Jadi Ketum PKB Gantikan Cak Imin Abdul Karding. foto: wikipedia

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - A. Muhaimin Iskandar sudah tiga periode jadi ketua umum (ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (). Namun Cak Imin – demikian Muhaimin Iskandar biasa dipanggil – kini disebut-disebut melakukan mobilisasi dukungan melalui Rakerwil DPW-DPW sekaligus menyebar surat dukungan kebulatan tekad agar terpilih kembali sebagai ketua umum pada Muktmar yang akan berlangsung pada 20-22 Agustus 2019 di Bali.

Meski demikian, perlawanan dari dalam DPP ternyata mulai ada. Bahkan kini muncul gejolak politik dan kekuatan baru melawan status quo Cak Imin. Indikasi adanya kekuatan baru yang akan melawan Cak Imin itu terlihat dari pernyataan Ketua DPP Lukman Edy dalam talkshow di sebuah televisi swasta.

Apakah tidak ada nama lain selain Cak Imin? "Ini belum dibuka ke publik, di internal juga, apakah kita membuka nama-nama calon untuk Ketua Umum ya," kata Lukman Edy.

Lukman menyebut, posisi Cak Imin yang sudah menjabat sebagai Ketua Umum selama tiga periode ini memang sangat kuat. Namun tak menutup kemungkinan, ada tokoh-tokoh dan nama lain yang muncul yang akan menantang Cak Imin.

"Kalau ada kandidat lain yang ikut dalam pertarungan, tentu Cak Imin akan melihat nanti seperti apa di lapangan. Apakah Cak Imin menyiapkan penggantinya untuk regenerasi," katanya.

Lukman Edy menyebut, saat ini banyak kader potensial yang layak menjadi calon pengganti Cak Imin. "Kader lain seperti Pak Marwan Ja'far, Mas Abdul Kadir Karding, ada Mas Imam Nahrawi, Mas Helmy Faisal Zaini. Ada Mbak Yenny Wahid yang masih putri Gus Dur. Ada Ibu Khofifah Indar Parawansa, ada Mas Syaifullah Yusuf (Gus Ipul). Jadi kader kita banyak yang mumpuni yang kalau diberikan kepercayaan, pasti akan berimplikasi baik untuk ," ungkap Lukman Edy.

Seperti diketahui, akan melangsungkan Muktamar pada 20-22 Agustus mendatang di Bali. Salah satu yang sudah mendukung tegas Cak Imin memimpin kembali partai ini adalah DPW Jawa Tengah. Keberhasilan pada Pilpres dan Pileg menjadi alasan Cak Imin layak didukung kembali. 

"Ini demi menjaga kekompakan yang sudah terbukti dalam Pemilu 2019, dan melanjutkan kemenangan pada Pemilu yang akan datang," kata Ketua DPW Jateng KH. M. Yusuf Chudlori di depan Cak Imin dalam acara Sosialisasi Muktamar di Hotel Patra, Semarang.

Menurut Gus Yusuf yang kini dikenal sebagai loyalis Cak Imin itu, Cak Imin terbukti bisa membangun sinergi di semua tingkatan kepengurusan . Selain itu, Cak Imin juga dianggap bisa bermanuver politik yang cantik. "Butuh sosok yang energik, dan bisa bermanuver cantik. Dulu bisa kita lihat mulai dari Join yang populer. Yang awalnya Jokowi-Muhaimin, meski akhirnya menjadi Jokowi-Amin. Dan kita yakin beliau masih punya amunisi, untuk ke depan," pungkasnya. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO